Selain Untuk Ibadah, Masjid Ini Juga Instagrammable Lo !!

Malang, koranmemo.com – Masjid merupakan tempat suci yang digunakan oleh seluruh umat Muslim untuk beribadah. Namun seiring perkembangan zaman, saat ini sudah banyak masjid yang menampilkan keindahan arsitektur serta memiliki fasilitas menarik. Seperti Masjid Salman Al Farisi yang terletak di Kelurahan Karangwidoro, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang ini.  Selain banyak pengunjung muslim yang beribadah, masjid tersebut juga instagrammable karena menampilkan arsitektur mirip Taj Mahal di India.

Deden Ferry Yuliantoro, Pengurus Takmir Masjid tersebut mengungkapkan, Masjid Salman Al Farisi ini mulai dibangun pada tahun 2012 dengan tahap pertama pembelian lahan, lalu rampung dibangun tahun 2016 lalu. Sebenarnya rencana pembangunan maajid ini nantinya akan juga terintegrasi dengan pondok pesantren yang sudah direncanakan.

“Selain itu kami juga mempunyai cita-cita bahwa nantinya bisa untuk menjadikan masjid sebagai pusat pendidikan dan pembinaan bagi masyarakat. Jadi dibuat konsep bangunan yang dapat menarik perhatian masyarakat,” ungkapnya.

Menurutnya konsep pembangunan masjid awalnya diserahkan pada pihak pembangun yang bisa mendesain bangunan masjid. Setelah konsep jadi, diberikan kepada pihak pengurus masjid dan disetujui, lalu dibangunlah masjid tersebut. “Kami diberi konsep masjid hampir mirip Taj Mahal di India itu, ya kami terima dengan senang hati,” ujarnya.

Masjid tersebut diperkirakan dapat menampung sekitar 700 hingga 800 jamaah untuk beribadah. Selain pengunjung datang untuk melaksanakan ibadah, juga banyak pengunjung selain umat muslim untuk sekedar datang karena tertarik melihat arsitektur masjid ini. Banyak juga yang berfoto berlatar belakang Masjid Salman Al Farisi ini

“Jika pengunjung non muslim kami persilahkan datang namun dengan pakaian yang sopan dan aurat tertutup. Selain itu juga wajib menjaga kenyamanan pengunjung lain yang melaksanakan ibadah,” paparnya.

Sementara, Muhammad Evan, salah satu pengunjung mengaku baru pertama kali datang ke masjid tersebut. Dia tertarik dan merasa takjub dengan masjid tersebut karena memiliki arsitektur mirip Taj Mahal di India. Selain mampir untuk melaksanakan salat dia juga sempatkan untuk berfoto berlatar belakang masjid tersebut.

“Sebelumnya sering lewat tapi belum sempat mampir. Kali ini sekalian salat saya sempatkan berfoto. Jarang sekali ada bangunan masjid dengan konsep menarik. Sekalian berfoto untuk dikirim ke medsos agar teman-teman tau dan berkunjung kesini juga,” pungkasnya.

Reporter : Yudha Kriswanto

Editor : Della Cahaya Praditasari

Follow Untuk Berita Up to Date