Sekeliling Candi Klotok Akan Dipagar

Kediri, koranmemo.com – Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disbudparpora) Kota Kediri menempatkan penjaga di sekitar situs baru yang sedang jadi bahan perbincangan, Candi Klotok. Penempatan personel itu bertugas menginformasikan hal – hal yang tidak boleh dilakukan oleh pengunjung di lokasi candi yang baru digali. Ini agar tidak terjadi hal buruk terhadap keberadaan candi.

“Usai ekskavasi sudah kami turunkan dua orang di depan jalan masuk dan bergantian setiap harinya dengan staf lainnya. Penjagaan tidak mengunakan pos seperti itu, tetapi hanya di bawah dan nanti kalau ada yang ingin naik diimbau agar tidak menaiki atau memindah struktur candi yang sudah diekskavasi,” ujar Kepala Disbudparpora, Nur Muhyar.

Lokasi sekitar struktur candi rencananya juga akan dibatasi dengan kawat agar pengunjung tidak melanggar imbauan yang telah diberikan ketika berada di jalan masuk. Nur Muhyar menambahkan pemberian batas atau pagar tersebut akan dilakukan dengan hati-hati. Ini supaya pembuatan pagar ini tidak merusak struktur atau benda purbakala lainnya yang mungkin masih ada di sekitar lokasi.

Pembatas akan diletakkan mengitari struktur candi dengan bentuk persegi dan akan dilakukan pemasangan dalam waktu dekat. “Pagar ini tidak menggunakan semen, karena itu dilarang dan termasuk konstruksi. Sesegera mungkin kami lalukan pemberian pagar tersebut,” tutupnya.

Reporter: Dhita Septiadarma

Editor: Della Cahaya Praditasari

Follow Untuk Berita Up to Date