Sehat dan Bugar di Bulan Ramadan

Senam1Kediri, Memo-Ramadan merupakan bulan suci bagi umat Islam di seluruh dunia. Ramadan tidak hanya mengajarkan bersabar menahan lapar dan dahaga sejak menjelang terbit hingga terbenam matahari, namun juga sarat dengan nilai-nilai keutamaan.

Selama menjalankan ibadah di bulan ramadan, tubuh akan beradaptasi dengan suasana baru. Misalnya harus bangun dini hari untuk sahur, lalu berpuasa hingga saat maghrib tiba. Begitu pula dengan cara dan menu makan juga butuh penyesuaian. Kebiasaan makan yang salah bisa menimbulkan gangguan kesehatan.

Pada umumnya, awal menjalankan puasa pasti terasa berat. Untuk itu, kunci yang harus diperhatikan adalah tetap menjaga kualitas dan kuantitas makanan. Tak ketinggalan olah tubuh agar kebugaran tetap terjaga.

Retno Larasati S.Gz, ahli gizi RSUD Gambiran Kota Kediri, mengatakan sangat penting menjaga tubuh agar kondisi fisik tetap prima selama menjalankan ibadah puasa.“Kita tidak boleh mengurangi kualitas dan kuantitas makanan selama berpuasa. Memakan makanan berserat juga sangat dianjurkan. Selain itu, kita juga harus tetap minum minimal 8 gelas sehari,” katanya.

Retno menambahkan, orang dalam kondisi tertentu, misalnya menderita diabetes, ada yang perlu diperhatikan selama menjalankan ibadah puasa. Mereka harus betul-betul memperhatikan jadwal makan mereka. “Ketika waktu sahur, sekitar pukul 03.00 WIB, mereka wajib memakan makanan utama, kemudian baru ditutup dengan snack menjelang imsak,” terangnya.

Ketika berbuka, sekitar pukul 18.00 WIB, penderita diabetes memulai makan makanan utama pertama. Setelah itu jeda terlebih dahulu. Kemudian sekitar pukul 20.00 WIB dianjurkan melanjutkan makan makanan utama kedua. Lantas dilanjutkan lagi sekitar pukul 22.00 WIB ditutup dengan snack malam. Memberlakukan jadwal makan sesuai aturan bagi penderita diabetes bertujuan untuk menjaga kestabilan fisik yang bersangkutan selama menjalankan ibadah puasa.

Sementara itu, untuk ibu hamil yang ingin tetap berpuasa juga wajib menjaga pola makan seimbang. Menu lauk nabati dan atau hewani serta sayur-sayuran wajib tercukupi. Jika ingin meminum minuman jus buah, sebaiknya dilakukan setelah makan utama berbuka.

Selain pola makan di atas, kita juga perlu memerhatikan perencanaan daftar belanja, sehingga memiliki rencana yang matang dan tersusun rapi, dan tidak kalang kabut ketika menyiapkan menu berbuka. Tubuh yang sehat bisa menunjang dalam beraktivitas di siang hari. Maka dari itu hindari makanan junk food dan utamakan memiilih makanan seimbang yang sehat.(gung)

Follow Untuk Berita Up to Date