Sehari Rumah Mbah Muntini Jadi Layak Huni

f-masudin*Bedah Rumah Ala Mr Masudin, Pakar Terapi Spesialis Saraf Telinga

             Kebahagiaan terpancar dari raut wajah Mbah Muntini (87) warga Dusun Ketanen DesaBanyuarang Kecamatan Ngoro Kabupaten Jombang. Rumahnya yang tidak layak huni kini bisa diperbaiki berkat uluran tangan Mr Masudin, pakar terapi spesialis saraf telinga. Mbah Muntini kini bisa tinggal di rumahnya yang sudah dipugar dengan tenang.

——-

Sebelumnya, rumah Mbah Muntini memang masuk dalam program bedah rumah yang diprakarsai Mr Masudin, pakar terapi spesialis saraf telinga. Aksi sosial itu bertujuan untuk meringankan beban warga tidak mampu. Aksi sosial itu digelar bertepatan dengan hari ulang tahun pengobatan terapi saraf telinga yang ke-3. Bersama dengan TNI dan masyarakat setempat, Mr Masudin memperbaiki rumah janda tua itu.

Yang menarik, pelaksanaan bedah rumah Mbah Muntini berlangsung super spesial. Bagaimana tidak. Perbaikan rumah berukuran 4 meter x 6 meter itu berlangsung kilat dan sehari jadi. Selain melibatkan unsur TNI dan warga sekitar, cepatnya bedah rumah Mbah Muntini terjadi karena para pengantar pasien yang berobat pun tanpa dikomando turun tangan ikut membantu. Disinilah terlihat tingginya rasa solidaritas dan kepedulian sosial yang berhasil ditumbuhkan Mr Masudin di lingkungannya.

Mbah Muntini sendiri  merupakan seorang janda yang bekerja sebagai pemulung untuk mencari nafkah. Tidak hanya barang  bekas, Mbah Muntini juga mengumpulkan sisa-sisa hasil ladang seprti tanaman jagung dan ketela di sekitar kampungnya untuk makan sehari-hari. Selama sekitar 30 tahun, Mbah Muntini hidup sebatang kara. Suaminya yang pergi merantau ke Sumatera hingga saat ini tidak ada kabar beritanya. Otomatis Mbah Muntini harus berjuang banting tulang  sendiri menjalani hidup di usianya yang sudah senja.

Kondisi kehidupan Mbah Muntini yang memprihatinkan itulah yang mengetuk pintu hati Mr Masudin. Tanpa pikir panjang Mr Masudin berinisiatif membantu Mbah Muntini dengan membangun kembali rumahnya. Bersama dengan TNI, Mr Masudin menggerakkan masyarakat setempat untuk merombak rumah Mbah Muntini yang hampir roboh di sela – sela kandang kambing.

Dalam aksi bedah rumah itu, Komandan Kodim  0814 Letkol Arm H Haidir ikut terjun langsung bersama anggotanya yang melakukan perbaikan rumah Mbah Muntini. Menurutnya, bakti sosial yang dilakukan oleh Mr masudin ini sangat membantu program  pemerintah daerah khususnya Pemkab Jombang dalam mengentaskan kemiskinan, khususnya perbaikan rumah tidak layak huni (RTLH). “Kami memberikan apresiasi terhadap kegiatan sosial ini karena otomatis ikut membantu menyukseskan program pemerintah,” tegas Letkol Haidir.

Sementara itu menurut Mr Masudin kegiatan bedah rumah ini telah dilakukan di wilayah Jombang. Tidak semata – mata bedah rumah, aksi sosial juga dilakukan dengan pemasangan listrik gratis di sejumlahj desa di wilayah Jombang seperti yang telah dilakukan  di Kecamatan Bandar Kedungmulyo pada pekan lalu. Dan setelah bedah rumah acara HUT terapi syaraf telinga dilanjutkan dengan elektone untuk menghibur para pasien yang berobat.

Terpisah, Mbah Muntini mengucapkan rasa bahagia dan terimakasihnya pada Mr Masudin. Uluran tangan dari pakar terapi peraih 2 anugerah MURI itu benar – benar meringankan beban hidupnya. Sebab rumah yang kini berdiri dengan kondisi baik menjadi sandaran hidup sepanjang sisa usianya. (du)

 

 

 

 

 

Follow Untuk Berita Up to Date