Sehari Rasakan jadi Wartawan Media Online

Kediri, koranmemo.com – Untuk memperingati ulang tahun koranmemo.com ke dua, koranmemo.com menyelenggarakan workshop dan lomba menulis berita online untuk siswa sekolah menengah atas (SMA), sekolah menengah kejuruan (SMK) dan sederajat, Rabu (8/8) dan Kamis (9/8) di Lantai 5 Kantor Bank Indonesia Perwakilan Kediri.

Acara ini bertujuan agar koranmemo.com dapat memberikan edukasi sehingga peserta mengetahui, media online yang berkembang pesat saat ini harus memperhatikan kevalidan data tiap berita.

Menurut Bambang Iswahyoedi, Direktur Utama Koranmemo.com, perkembangan media online yang sangat pesat harus diimbangi dengan jurnalis yang berkompeten. Semua orang bisa menulis berita, namun menulis berita tidak hanya asal – asalan. Harus ada dasar ilmu jurnalistik, untuk menghindari data dan materi yang disampaikan kurang lengkap sehingga berita yang disampaikan bukan berita HOAX.

“Ada beberapa hal yang perlu di perhatikan wartawan saat menulis berita. Ketepatan angel yang diambil, kelengkapan data dan materi, dan sumber berita harus valid,” tuturnya.

Selain peserta bisa mengerti bagaimana cara seorang wartawan menulis berita online mulai dari mencari, mengolah dan menyajikan berita, mereka juga merasakan bagaimana menjadi seorang wartawan berita online.

“Setelah materi disampaikan, dilanjutkan sesi lomba.139 peserta harus bisa menulis berita dengan durasi 1 jam,” imbuhnya.

Peserta akan dibentuk kelompok dan mendapat pendamping dari wartawan koran memo. Ada tiga hal yang menjadi penilaian juri, akurasi penulisan dan penyajian berita, dan dipilih empat nominasi. Juara satu sampai juara favorit mendapat piala dan uang pembinaan, bahkan tidak menutup kemungkinan peserta yang memiliki potensi dapat bergabung di koranmemo.com.

“Minimal ada kesempatan magang untuk mereka. Tapi tidak menutup kemungkinan jika mereka mempunyai potensi lebih, mendapat kesempatan untuk bergabung dengan kami,” pungkasnya.

Reporter : Okpriabdhu Mahtinu

Editor : Della Cahaya Praditasari

Follow Untuk Berita Up to Date