Sehari 4 Pengecer Ciu Dibekuk

Tulungagung, koranmemo.com – Ahmad Sodikin (39) warga Desa Ketanon Kecamatan Kedungwaru, Lamuji (43) warga Dusun Kleben Desa Tiudan Kecamatan Gondang, Pangi (64) warga Desa Pulerejo Kecamatan Ngantru, dan Ribut Wahyudi (27) warga Desa/Kecamatan Kedungwaru. Rabu (28/12) ditangkap oleh anggota satuan reserse narkotika dan obat-obat terlarang (satreskoba) Polres Tulungagung. Mereka dibekuk lantaran menjadi pengecer miras jenis ciu dan arak bali. Polisi berhasil menyita 31 botol miras jenis arak bali, 17 botol miras jenis ciu, dan 1 HP merek Nokia guna penyelidikan lebih lanjut.

“Kemarin kita melakukan operasi cipta kondisi dan berhasil mengamankan miras dari tangan 4 tersangka,”kata Maryudi, KBO Reskoba Polres Tulungagung kepada Koran Memo kemarin.

Maryudi mengatakan operasi ini dilakukan untuk meminimalisir adanya peredaran miras di Kabupaten Tulungagung. Polisi juga telah melakukan operasi secara rutin di tempat tempat hiburan malam yang diduga juga sering terjadi peredaran miras tanpa izin. “Penangkapan dan penyitaan ini untuk cipta kondisi dan juga meminimalisir peredaran miras yang ada,”katanya.

Lanjut Maryudi, 4 pengecer miras tersebut dikenakan wajib lapor 2 kali seminggu dan tidak ditahan karena dijerat dengan pasal 142 UU RI no 18 tahun 2012 tentang pangan dan pasal 62 ayat (1) jo pasal (8) ayat (1) huruf g dan I UU RI no. 8 tahun 2009 tentang perlindungan konsumen dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara.

“Mereka tidak kita tahan karena kita kenakan pasal perlindungan konsumen dan undang undang pangan yang ancamannya dibawah 5 tahun penjara,”jelasnya.(yop/dik)

 

Follow Untuk Berita Up to Date