Sego Tiwul Wisata Kuliner Khas Trenggalek

Trenggalek, koranmemo.com – Sego tiwul. Kata-kata ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Trenggalek atau sekitar. Dilihat dari istilahnya Sego dalam bahasa Indonesia mempunyai arti nasi. Sego tiwul berarti nasi tiwul. Sego tiwul merupakan makanan khas Trenggalek yang terbuat dari ketela pohon yang di keringkan dan ditumbuk untuk dijadikan nasi.

Cara memasak nasi tiwul sedikit lebih rumit daripada nasi putih biasa. Nasi tiwul ini kandungan kalorinya lebih rendah daripada beras putih biasa, dan juga dipercaya bisa mengobati penyakit pencernaan seperti maag.

Tiwul bisa dimasak manis atau dimasak gurih. Nasi tiwul dinikmati dengan masakan pelengkap seperti sayur dari daun singkong dan ikan tongkol dengan lauknya tempe goreng. Sego tiwul bisa juga di sajikan dengan lodeh tewel, lodeh kluwih, atau juga bisa lodeh kacang panjang. Tak lupa sebagai pelengkap adalah sambel trasinya. Bisa juga ditambahkan aneka peyek baik peyek kedelai, peyek teri, atau peyek wader,

Beberapa orang tua di Trenggalek masih memilih nasi tiwul dibandingkan dengan nasi putih, lantaran rasanya yang berbeda. Rasanya manis khas singkong, warnanya kecoklatan. Bagi yang tidak biasa, perut mungkin akan terasa panas. Untuk itu sebelum dikonsumsi ada yang memasaknya dicampur dengan nasi putih.

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date