Sego Gegog, Pedasnya Bikin Rindu Trenggalek

Trenggalek, koranmemo.com – Tak hanya tempat wisata, Kabupaten Trenggalek juga memiliki kuliner yang tidak kalah dengan daerah-daerah lainnya.  Salah satunya yang paling legendaris adalah Sego Gegog, yang merupakan akronim dari “Sego Genem Godhong Gedhang”,  yang berarti nasi bungkus menggunakan daun pisang.

Sego gegog pertama kali dipopulerkan di Kecamatan Bendungan Kabupaten Trenggalek oleh Mbah Tuminah sebagai pelopor pencetus pertama Sego gegog. Tipografi trenggalek yang dikelilingi pengunungan menjadikan pekerjaan mayoritas masyarakat sekitar sebagai petani di ladang. Untuk menghindari cuaca yang panas mereka akan berangkat kerja sepagi mungkin.

Keadaan tersebut membuat para ibu-ibu rumah tangga kreatif dalam menyiapkan bekal cepat dan enak. Akhirnya tercetuslah ide membuat sego gegog.

Sego gegok memiliki ciri khas nasinya yang punel, ditambah sambal ikan teri, mempunya cita rasa yang sangat pedas. Jadi makanan ini memang cocok buat kalian yang menggemari makanan pedas. Cara masaknya cukup dengan dikukus menggunakan membungkus daun pisang dan mantap disantap saat masih keadaan hangat.

Harganya sangat terjangkau, yaitu hanya Rp 3.500 saja. Bila berkunjung ke Trenggalek, selain menikmati destinasi pegunungan dan hamparan lautan yang luas, jangan lupa mampir untuk merasakan mantapnya Sego Gegok khas Trenggalek. Makanan khas ini cocok didaftarkan ke UNESCO sebagai warisan budaya masyarakat Trenggalek.

Editor:  Della Cahaya Praditasari

Follow Untuk Berita Up to Date