Sedot APBN, Asian Games harus Berdampak pada Sosial Ekonomi Rakyat

Jombang, koranmemo.com –¬†Pelaksanaan Asian Games pada tanggal 18 Agustus hingga 2 September di Jakarta dan Palembang, yang menghabiskan anggaran triliunan rupiah, diharapan bisa membawa dampak sosial ekonomi bagi masyarakat di Indonesia.

Hal itu diungkapkan anggota Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), M Suryo Alam saat sosialisasi pelaksanaan Asian Games di salah satu hotel di Jombang.

Diungkapkan, pelaksanaan Asian Games telah menyedot anggaran APBN hampir Rp 12 triliun. “Sudah menghabiskan dana APBN yang cukup banyak, hampir Rp 12 triliun sejak tahun 2015. Dari 2015, 2016, 2017, 2018 sudah hampir Rp 12 triliun, Rp 11 triliun sekian,” kata Suryo Alam di depan kalangan pelaku olahraga di Jombang, Senin (6/8).

Dengan jumlah tersebut, diharapkan ajang olahraga se-Asia ini bisa membawa dampak sosial ekonomi pada masyarakat Indonesia. Bahkan, oleh politisi Partai Golkar ini, gelaran Asian Games diharap bisa membawa dampak perputaran perekonomian di Indonesia hingga puluhan triliun rupiah.

“Dari perhitungan Bappenas (Badan Perencanaan Pembangunan Nasional) itu, memiliki dampak Rp 45 triliun kembali ke pemerintah atau ke masyarakat,” ungkap Suryo Alam.

Sementara, Asian Games yang kurang beberapa hari lagi terus disosialisasikan ke seluruh masyarakat di Indonesia. Hal itu bertujuan agar seluruh masyarakat Indonesia turut merasakan gebyar dari pesta olah raga tersebut. “Demam Asian Games jangan hanya di Jakarta saja, tapi juga sampai di Jombang dan dimana saja,” sambungnya.

Menurutnya, tingkat pertisipasi masyarakat di seluruh Indonesia dalam mensukseskan Asian Games terbilang tinggi. Tidak hanya partisipasi untuk meramaikan saja, melainkan juga partisipasi dalam hal menjaga kondusifitas lingkungan.

“Kebetulan ini kan juga 17 Agustusan, maskot – maskot agustusan di desa – desa juga menggunakan maskot Asian Games. Kemudian juga masyarakat ikut menjaga kondusifitas dengan menjamin keamanan dan kenyamanan. Tidak hanya di daerah tempat pertandingan, juga, melainkan di seluruh wilayah Indonesia,” pungkasnya.

Reporter Agung Pamungkas

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date