Satu Semester, 4 Pasien Hepatitis  Meninggal Dunia 

Trenggalek, koranmemo.com – Empat pasien hepatitis meninggal dunia dalam satu semester, berdasarkan akumulasi jumlah pasien hepatitis sepanjang Januari hingga Mei 2019 di Rumah Sakit Dokter Soedomo Trenggalek. Selain empat pasien meninggal dunia, lebih dari 303 warga pernah menjalani perawatan akibat hepatitis.

Sudjiono, Humas RSUD Dokter Soedomo Trenggalek mengatakan, tiga dari empat pasien yang meninggal itu merupakan penderita hepatitis akut atau hepatitis A yang belakangan mewabah di Kabupaten Pacitan. Sementara pasien lainnya adalah penderita hepatitis cronis atau hepatitis C. “Itu akumulasi,” ujarnya Senin (1/7).

Meskipun demikian, mayoritas penderita hepatitis dalam satu semester itu dinyatakan sembuh. Mengutip data yang diinput pada Mei 2019, dari 303 pasien sebanyak 293 pasien telah membaik dan sisanya dinyatakan sembuh.

Pasien hepatitis A paling mendominasi yaitu sebanyak 227 pasien. Jumlah itu belum termasuk lima pasien hepatitis A di Juni 2019. “Kalau yang empat itu memang daya tahan tubuhnya melemah,” kata Sudjiono.

Diakuinya sepanjang tahun, mulai 2017 hingga pertengahan tahun 2019 jumlah pasien hepatitis cenderung bertambah. Ditahun 2017 pasien hepatitis berjumlah 203 orang dan tahun 2018 meningkat menjadi 263 orang. “Ditahun 2017 lima orang meninggal dan ditahun 2018 sebanyak 6 orang. Itu akumulasi karena kategori hepatitis banyak,” jelasnya.

Berkaca dari kasus itu dia menekankan pentingnya pola perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) selain penyuluhan dan pengobatan yang dilakukan. Utamanya dalam menjaga kebersihan lingkungan maupun perorangan mengingat penyakit ini mudah menular. “Ada fasenya, memang untuk hepatitis B dan C lebih lama, namun untuk yang A tergantung kondisi kekebalan tubuh pasien,” jelasnya.

Hingga saat ini sebanyak 11 pasien masih menjalani perawatan. Namun dalam waktu dekat, sebanyak sembilan pasien bakal diperbolehkan pulang karena kondisinya cenderung membaik.

Sebanyak 11 pasien itu terdiri dari tiga pasien di rumah sakit pelat merah dan sembilan pasien di lima puskesmas.

Reporter Angga Prasetiya

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date