Satu Keluarga di Kota Madiun Diduga Terjangkit Difteri

Madiun, koranmemo.com – Tiga warga asal Kecamatan Manguharjo, Kota Madiun yang masih satu keluarga didua terjangkit difteri. Kini ketiganya tengah menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Umum Provinsi (RSUP) Dr. Soedono Madiun.Mereka berinisial S (34), MU (14) dan ER (12).

Direktur RSUP Dr.  Soedono Madiun, dr. Bangun Trapsila Purwaka mengatakan, S merupakan ibu dari MU dan ER. Ketiga pasien ini, sudah tujuh hari dirawat ruang isolasi.

“Saat ini tim medis membutuhkan Antitoksin Difteri atau Anti-Difteri Serum (ADS),” katanya, Kamis (1/2).

Ditambahkan, dari tiga pasien asal Kota Madiun ini, baru satu pasien yang mendapatkan ADS. Yang menjadi kendala karena Dinkes-KB Kota Madiun juga tidak memiliki stok ADS.

Sementara dalam dua minggu terakhir,  RSUP Dr. Soedono Madiun menerima rujukan delapan pasien suspect Difteri. Dari delapan pasien tersebut, lima orang negatif dan tiga orang positif Difteri. “Dari Dinkes Kota Madiun tidak memiliki stok ADS,” tuturnya.

Dokter spesialis dalam,  RSUP Dr.  Soedono Madiun,  dr. Vindrya Rahatjanti menambahkan, kondisi ketiga pasien saat ini sudah mulai membaik. Pasien M.U dan E.R tertular Difteri dari S ibunya. Ketiganya juga menderita radang di tenggorokan.

“Pasien S sudah membaik dan tidak ada komplikasi baik ke jantung dan ginjal. Tim medis sudah memberikan antibiotik. Radang tenggorokan juga sudah mengecil,” ujarnya.

Sementara, berdasarkan rilis resmi di facebook madiuntoday milik Pemkot Madiun dikatakan, imunisasi serentak atau Outbreak Respons Imunization (ORI) untuk menanggulangi penularan Difteri baru akan digelar  pada bulan Februari, Juli dan November atau Desember.

“Imunisasi akan dilaksanakan untuk anak-anak yang usianya 1 tahun sampai 19 tahun,” ujar Wawali Armaya di sela Coffee Morning Pemkot Madiun di Wisma Haji Madiun, Rabu (31/1).

Lokasi ORI akan dilakukan di sejumlah titik. Mulai dari Puskesmas, Posyandu, klinik dan pusat pelayanan kesehatan yang lain.

Reporter: M. Adi Saputra/Juremi

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.