Satpol PP Latihan Tangani Huru Hara

Anggota Satpol PP Kabupaten Kediri saat gelar peragaan cegah aksi demonstran (bakti/memo)
Anggota Satpol PP Kabupaten Kediri saat gelar peragaan cegah aksi demonstran (bakti/memo)

Kediri, Memo-Sebanyak 134 anggota Satpol PP Kabupaten Kediri berlatih melakukan pencegahan aksi anarkis dalam unjukrasa. Sebelum melakukan simulasi di halaman kantor pemkab, para anggota Satpol PP yang dibagi dalam dua gelombang itu selama dua bulan berlatih di SKB Grogol. Mereka mendapatkan pelatihan dari tiga anggota kesatuan marinir Yonmarharlan Marinir Jayapura pimpinan Mayor Agung.

Pelatihan pasukan anti huru-hara ini dimaksudkan untuk membentuk anggota Satpol PP yang mumpuni dan bekerja secara professional dan sesuai prosedur. Selain mendapatkan pelatihan anti huru-hara mereka juga mendapatkan pelatihan baris-berbaris tanpa aba-aba.

Sementara dalam simulasi itu diskenariokan Pemkab Kediri dikepung demontrans dan upaya mediasi tak berhasil dilakukan. Hingga puncaknya demonstran bertindak anarkhis melawan petugas.

Petugas Satpol PP berusaha meredam aksi tersebut dan berhasil memukul mundur demonstran. Satu korban terkapar berhasil diselamatkan dan demontran bubar. Peragaan ini ditampilkan di hadapan Wakil Bupati Kediri Drs H Masykuri yang sekaligus menyematkan baret dan memberikan sertifikat pendidikan dan pelatihan.

Agung Joko Retmono Kepala Satpol PP Kabupaten Kediri menyatakan penyematan baret satpol PP dan sertifikat pelatihan ini menunjukkan kesiapan anggota Satpol PP menghadapi tugas baru di lapangan dan siap melakukan tugas apapun.

“Anggota kita siapkan jika ada demontrasi yang sifatnya menjurus anarkhis. Tentunya menangani demontrans sesuai prosedur dan bertugas lebih humanis dimasa-masa mendatang,” ujarnya.(bak)

 

 

 

 

 

Follow Untuk Berita Up to Date