SAR Surabaya Siagakan 25 Rescuer Khusus ke Bali

Sidoarjo, koranmemo.com – Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan kantor SAR Surabaya siagakan 25 rescuer khusus. Para rescuer itu sewaktu-waktu siap diterjunkan ke Bali jika terjadi bencana alam letusan Gunung Agung.

“Kami sudah siapkan sekitar 25 orang. Kapan pun mereka dibutuhkan, mereka siap diterbangkan,” ujar  Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan Surabaya, Mochammad Arifin, Senin, (09/10/ 2017).

Statusnya Gunung Agung di Bali saat ini tercatat sudah di level 4, sehingga pihaknya saat ini intens berkoordinasi dengan Basarnas Bali.

“Mereka sudah memiliki skill khusus baik untuk mengevakuasi maupun melakukan pencarian dan memberi pertolongan kepada korban Gunung Agung. Bahkan, mereka ini sudah terlatih dan memiliki lisensi,” terangnya.

Selain 25 rescuer terlatih, saat ini juga disiapkan 2 truk personel yang juga siap diberangkatkan. Petugas Rescue tersebut saat ini terus berlatih rutin sambil menunggu komando keberangkatan jika diperlukan.

“Sementara, untuk heli Basarnas, tahun ini belum bisa dikerahkan. Karena heli canggih itu terjatuh di Temanggung saat melakukan tugas,” jelas Arifin.

Jika nantinya terjadi letusan dan terpaksa dilakukan evakuasi besar-besaran, maka yang lebih dahulu diberangkatkan tim SAR yang berada di Banyuwangi, lalu diikuti dengan tim kantor SAR Surabaya.

“Jadi, teman-teman di sana tidak perlu menunggu lama, karena kita sudah perintahkan di Banyuwangi untuk berangkat lebih dulu,” tegasnya.

Meski demikian, tak semua tim yang ada di kantor SAR Surabaya dikerahkan ke lokasi bencana Gunung Agung, Bali. Pihaknya juga menyediakan tim yang akan memback up kawasan Jawa Timur, jika terjadi bencana secara bersamaan.

“Tetap kita antisipasi, dari 25 yang kita kerahkan kesana, setidaknya ada sekitar 75 orang yang masih tetap disini dan menjaga kondisi di Jawa Timur khususnya,” tandasnya.

Reporter: Yudhi Ardian

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.