Sangkaan Penyerobotan  TKD, Kajari Batu: Harus Ada Pelapornya 

Batu, koranmemo.com – Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Batu, Nur Chusniah SH, MH. menegaskan tudingan penyerobotan tanah kas desa (TKD) Beji, Kecamatan Junrejo, Kota Batu seluas 450 meter persegi yang dialamatkan kepihak menejemen Dino Park, Jatim Park 3 harus ada pelapornya.

“Lebih bagus memang kalau ada pelapornya. Artinya kalau ada pelapornya, biasanya kan sudah tahu kronologisnya, ya paling tidak juga punya bukti pendukung lainnya di lapangan. Kronologisnya, dan awalnya bagaimana, jadi kami bisa cepat menindaklanjuti,” kata mantan  penyidik KPK ini, Senin (29/1/18).

Dikatakan, perlunya pihak pelapor supaya bisa jelas pokok permasalahannya seperti apa. Mungkin saja lanjutnya, permasalan tersebut ada kaitannya dengan sengketa perdata, atau ada perbuatan pidana, bahkan bisa jadi juga ada perbuatan tindak pidana korupsinya. “Jadi, dari penegak hukum seperti pihak kepolisian maupun dari pihak Kejaksaan menunggu laporan,” ungkapnya.

Seperti diketahui, Forum Peduli Desa Beji (FPDB) menuding menejemen Dino Park, Jatim Park 3. Tudingan ini dikuatkan dengan surat keterangan dari Kades Desa Beji, Kukuk Kusbiyanto.

Kajari menambahkan untuk mengetahui masalah ini harus melaui beberapa tahapan, yakni setelah ada laporan harus melakukan investigasi di lapangan maupun juga verifikasi bahkan penyelidikan atau pulbaket.

Oleh karena itu, mantan biro litigasi dan non litigasi biro hukum KPK ini menegaskan, supaya mekanismenya lebih baik, maka ia menyarankan segera ada pelaporan secara tertulis, supaya jadi terang benderang akar permasalahannya.

“Karena berita itu masih perlu dilakukan pulbaket, dan perlu juga dilakukan penyelidikan lebih mendalam untuk mendapatkan informasi yang lebih akurat tentunya. Setelah itu, nantinya akan ada telaah dan substansinya. Maka lebih bagus ada pelaporan. Bukannya berarti kami pasif atau masif lho,” pungkasnya.

Reporter: Rudy

Editor: Achmad Saichu

 

Follow Untuk Berita Up to Date

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.