Sambut Ramadan, Makam Pendiri NU dan Gus Dur Ramai Dikunjungi Peziarah

Jombang, koranmemo.com – Menyambut datangnya bulan suci Ramadan 1439 H, makam pendiri Nahdlatul Ulama (NU), Hadratussyaikh Hasyim Asy’ari dan makam Presiden RI ke – 4 KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur di komplek makam keluarga di dalamĀ  Pondok Pesantren Tebuireng Kecamatan Diwek, ramai dikunjungi peziarah.

Pantauan wartawan di lokasi, para peziarah datang dari berbagai penjuru kota. Begitu memasuki area makam, para peziarah langsung duduk dengan rapi sembari membaca Yasin dan Tahlil.

“Saya dan suami datang dari Banten. Ziarah kami lakukan menyambut datangnya bulan Ramadan,” kata Siti Zuratayun (32), saat diwawancara wartawan di area makam Gus Dur, Rabu (16/5) siang.

Siti menambahkan, kesempatan berziarah ini tidak ia sia-siakan bersama Muhamad Zaenal Arifin (43), sang suami, karena kebetulan sedang mengikuti kegiatan di salah satu Pondok Pesantren di Kabupaten Kediri.

“Mudah-mudahan ketika pulang ke Banten, saya dan suami dapat barokah dari berziarah ke makam para kiai ini ketika pulang ke Banten,” sambungnya.

Sementara salah satu pengurus Ponpes Tebuireng, Teuku Azwani mengungkapkan, ada peningkatan jumlah peziarah menyambut ramadan ini. Bahkan kenaikan jumlah pengunjung mencapai 30 persen.

“Hari-hari biasa sekitar 3.000 sampai 10.000 peziarah, kini bisa mencapai puluhan ribu peziarah menjelang bulan suci ramadan,” papar Azwani.

Pria berkacamata ini menambahkan, peningkatan jumlah peziarah terpantau sejak dua pekan terakhir
“Di sini selain makam Hadratus Syaikh Hasyim Asy’ari dan KH Abdurahman Wahid, juga tedapat KH Wahid Hasyim, KH Yusuf Hasyim, serta keluarga Tebuireng lainnya,” pungkas Azwani.

Reporter : Agung Pamungkas

Editor : Della Cahaya Praditasari

Follow Untuk Berita Up to Date