Sambut Imlek, Klenteng Poo An Kiong Blitar Mandikan Kiem Sien

Blitar, Koranmemo.com-Umat keturunan Tionghoa di Kota Blitar khususnya umat Yayasan Klenteng  Poo An Kiong Jalan Merdeka Nomor 194  Kota Blitar sibuk menyambut pergantian Tahun Baru Imlek 2569 mulai Sabtu (10/02) pukul 23.00 WIB dengan sembahyang menghantar para Sien Bing naik ke niewana ( Song Shen), dilanjutkan dengan  memandikan Kiem Sien yang ada di kelenteng Minggu (11/02).

“Sebelum menyambut pergantian Tahun Baru Imlek kami memandikan Kiem Sien, tujuan dari memandikan Kiem Sien ini agar kita siap membina diri, membersihkan pikiran, ucapan dan perilaku menyongsong dan mengisi tahun baru,” ujar Okong Klenteng.

Dikatakan, Kiem Sien  itu sebutan untuk patung para Dewa, dan Kiem Sien ini khusus dibersihkan oleh rohaniawan dan dibantu satu orang pengurus klenteng.

Kiem sien yang dimandikan ada beberapa macam yaitu Kongco Kong Tik Cun Ong (Tuan Rumah Kelenteng Poo An Kion), Hok Tik Tjong Sien (Dewa Bumi), Thian Sang Sing Bu (“Mbah Wedok” dalam bahasa Indonesia nenek), 36 Kwan Tjiang (36 Dewa), Hian Thian Sang Tee (Dewa Tolak Bala), Kwan Sing Tee Kun (Dewa Perang).

Memandikan Kiem Sien adalah tahapan sebelum  menyambut Tahun Baru Imlek. “Pada acara tahun baru nanti Rabu (15/02) Pukul 19.00 WIB Yayasan kita Poo An Kiong akan mengadakan Pertunjukkan Barongsay, musik terlebih dahulu dan pada pukul 24.00 WIB disusul acara sembahyang”,ungkapnya.

Diharapkan setelah memandikan Kiem Sien,  manusia dapat membersihkan hidupnya. Dan saat  tahun baru tiba, semua dimulai kembali dalam kehidupan yang bersih.

Reporter: Anggun Masitoh/Arief JP

Editor: Achmad Saichu

 

Follow Untuk Berita Up to Date

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.