Sambut Hari Kartini, Puluhan Emak-emak Diajak Safety Riding 

Blitar, koranmemo.com – Untuk menyambut Hari Kartini yang jatuh pada setiap 21 April, Satlantas Polres Blitar Kota menggelar kampanye safety riding. Dalam kegiatan ini, Polantas mengajak puluhan emak-emak dari berbagai profesi.

Mereka mulai dari ASN yang berdinas di lingkup Pemkot Blitar, anggota Bhayangkari, anggota Persit, dan masyarakat umum ini bersepeda motor berderet rapi. Kegiatan ini ditujukan khusus kepada wanita pengendara sepeda motor, agar dapat berkendara dengan aman.

Puluhan emak-emak ini berkeliling di jalan-jalan protokol Kota Blitar sambil menyerukan pentingnya safety riding kepada pengguna jalan lainnya, mulai dari depan Mapolres Blitar Kota. Aksi mereka ini tak lepas dari pengawalan petugas Satlantas Polresta Blitar, Selasa (17/4).

Data dari Satlantas Polres Blitar Kota menyebutkan, perbandingan angka pelanggaran maupun kecelakaan lalu lintas antara pengendara wanita dan laki-laki berbanding 50-50. Untuk itu kampanye dengan sasaran pengendara wanita dirasa perlu dilakukan untuk menekan angka kecelakaan maupun pelanggaran lalu lintas.

“Biasanya yang sering kami temui adalah ibu-ibu yang berkendara tanpa menggunakan helm dengan alasan jarak yang ditempuh dekat. Padahal berkendara di jalan raya tanpa helm sangat berbahaya,” kata Kasatlantas Polres Blitar Kota, AKP Yanto Muliyanto.

Untuk itu, pihaknya akan terus berupaya melakukan kampanye safety riding kepada setiap pengendara. Bukan hanya pengendara wanita saja, namun ke depan akan dilakukan kampanye safety riding kepada berbagai kalangan.

“Khusus hari ini sasaran kami adalah wanita. Selain menyambut peringatan Hari Kartini, juga agar mereka sebagai seorang ibu bisa menjadi pelopor keselamatan berlalulintas,” pungkas AKP Yanto Muliyanto.

Reporter : Arief Juli Prabowo
Editor      : Muji Hartono

Follow Untuk Berita Up to Date