Salah Satu Desa Terindah di Dunia Ada di Indonesia. Apa Itu?

Sumbar, koranmemo.com – Banyak turis dari luar negeri yang berlibur ke Indonesia untuk menikmati keindahan alamnya.  Biasanya para turis akan berjalan-jalan ke kawasan pedesaan atau objek wisata seperti laut.

Belum lama ini sebuah majalah travel dari Amerika Serikat, Travel Budget menobatkan Nagari Pariangan yang ada di Sumatera barat sebagai salah satu desa terindah di dunia.

Ada beberapa aspek yang menentukan terpilihnya desa terindah versi majalah ini.  Salah satu kriterianya adalah keasrian alamnya dan juga warisan leluhur yang masih terjaga dengan baik, dan hal inilah yang menjadi ciri serta identitas budaya Sumatera Barat.

Desa Nagari Pariangan terletak di Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat.  Sejarah mengatakan kalau Nagari Pariangan adalah desa tertua di Ranah Minang. Hal ini berdasarkan kepercayaan masyarakat Minang yang percaya bahwa nenek moyang mereka berasal dari puncak Gunung Marapi.

Dahulu, dikatakan bahwa puncak gunung tersbeut berupa daratan, sedangkan daerah lainnya dipenuhi air lautan. Setelah air laut tersebut surut seiring waktu, kemudian masyarakat membuat pemukiman di sekitar puncak Gunung Marapi tersebut.

Jika wisatawan berjalan-jalan di desa ini, maka akan banyak melihat rumah-rumah adat yang menjadi ciri khas desa ini. Rumah Gadang, yang merupakan rumah tradisional Minangkabau masih banyak terdapat di desa ini, bahkan ada yang usianya sudah ratusan tahun.

Selain itu, keindahan sawah yang hijau juga menambah poin plus desa ini. Wisatawan juga bisa mengunjungi wisata air terjun Najun dan Lasuang Gadang.

Editor:  Della Cahaya

Follow Untuk Berita Up to Date