Salah Kirim, BNN Kota Kediri Tak Temukan Tindak Pidana Narkotika

Kediri, koranmemo.com – Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Kediri tidak menemukan adanya tindak pidana pada DR (52) warga Kecamatan Mojoroto Kota Kediri. Paketan yang berisikan salah satu bahan pembuat narkotika tersebut hanya salah kirim barang.

Kepala BNN Kota Kediri, AKBP Bunawar mengatakan, DR mendapatkan barang dari Guandong China untuk keperluan cetak foto miliknya. DR hanya salah mendapatkan barang karena mendapatkan barang tersebut dari e-commerce Aliexpress.com.

“Saksi awalnya mencari barang untuk keperluan pembuatan foto di situs online tokopedia.com. karena barang tidak tersedia, saksi diarahkan langsung sama si pelapak dan diarahkan ke aliexpress.com. Disitu dia menemukan lapak bernama Codyshow Store yang berlokasi di Guandong China yang menjual cairan itu. Setelah memesan, ternyata barang yang dikirim tidak sesuai dengan pesanannya,” ujarnya saat pers rilis di kantor BNN Kota Kediri, Selasa (3/4).

Bunawar mengatakan, paketan yang diterima DR tersebut berupa cairan botol A, cairan botol B, dan kertas foto. Setelah dilakukan tes menggunakan narcotest, pada botol B positif mengandung bahan kimia berupa prekusor yang merupakan salah satu bahan baku pembuat narkotika.

“Tidak ada pasal yang ditetapkan pada saudara DR, karena bukan merupakan tindak kriminal narkotika. DR hanya salah menerima barang yang awalnya mencari cairan untuk mencetak foto,” tandasnya.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, tim gabungan dari BNN Kota Kediri, Bea Cukai Kediri, dan Polresta Kediri mengamankan DR di kediamannya yang berada di Kecamatan Mojoroto Kota Kediri, Jumat (23/3). DR diduga menerima kiriman barang cairan berupa bahan kimia prekusor, untuk proses lebih lanjut DR diamankan di kantor BNN Kota Kediri.

Reporter: Zayyin Multazam

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date