Saksi Gus Ipul – Puti Tolak Hasil Rekapitulasi Hasil Pilgub

Jombang, koranmemo.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jombang menggelar Rapat Pleno Terbuka rekapitulasi hasil pemungutan suara Pemilihan Kepala Daerah di Kabupaten Jombang, di gedung Husni Kamil Manik, kantor KPU, Kamis (5/7).

Agenda ini diwarnai penolakan dari salah satu saksi Pasangan Calon Gubernur Jawa Timur nomer urut 2 Saifullah Yusuf (Gus Ipul) – Puti Guntur Soekarno (Puti). Saksi tersebut memilih untuk tidak menandatangani hasil akhir rekapitulasi pemungutan suara dari setiap kecamatan di Kabupaten Jombang lalu memutuskan keluar dari ruangan.

Saksi Paslon nomor urut 2, M. Sofwan mengatakan, sikap yang dilakukan merupakan bentuk penolakan terhadap hasil kinerja KPU Kabupaten Jombang.

Menurutnya, sedikitnya ada 65 temuan dugaan pelanggaran saat pilkada yang sudah dikantongi oleh tim saksi dari paslon Gus Ipul – Puti.

“Berdasarkan hasil kinerja dari saksi kami dan perangkat kami, kami menemukan beberapa temuan. Untuk sementara ini saja, kami menemukan 65 temuan, yang ditengarai ada pelanggaran. Oleh karena itu, untuk saat ini kami tidak mau menandatangani hasil itu,” kata Sofwan saat diwawancara wartawan, Kamis (5/7).

Menyikapi adanya 65 temuan dugaan pelanggaran, lanjut Sofwan, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan pihak tim paslon 2 di Jawa Timur dan akan berkoordinasi dengan tim advokasi sebagai tindaklanjut temuan.

“Tim kami masih tetap berjalan untuk terus melakukan kajian. Soal pelaporan, kami masih berkoordinasi dengan tim advokasi di Jawa Timur,” paparnya.

Sementara, Anggota Komisioner KPU Kabupaten Jombang, M. Dja’far saat dikonfirmasi oleh sejumlah wartawan di sela-sela jam istirahat, memilih untuk tidak memberikan pernyataan.

“Nanti saja, kan belum selesai (rekapitulasi, red),” jawabnya singkat.

Reporter: Agung Pamungkas

Editor: Della Cahaya Praditasari

Follow Untuk Berita Up to Date