Rusunawa Siap Tampung Pindahan

Penertiban Eks Lokalisasi Semampir

 

Kediri, koranmemo.com –  Rencana Pemerintah Kota Kediri untuk mengalihkan warga penggusuran eks lokalisasi Semampir ke Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Kelurahan Dandangan , Kecamatan Kota mendapat perhatian dari pengelola. Pihak pengelola menjamin tidak akan ada masalah terhadap warga eks lokalisasi Semampir yang mau pindah di rusunawa.

Abbas Santosa, Kepala UPTD Rusunawa menegaskan, warga eks lokalisasi Semampir bisa saja menempati rusunawa, asalkan memenuhi aturan yang dibuat pemkot sesuai peraturan wali kota (perwali). Peraturan tersebut, antara lain warga yang belum punya rumah, maksimal keluarga empat orang, asli warga Semampir, dan peraturan lain yang sudah ditetapkan. “Jadi tidak serta merta mereka bisa langsung pindah dan menempati rusunawa, mereka harus disurvei dahulu sesuai aturan tersebut,” ungkap Abbas.

Abbas menambahkan, pihak pengelola menjamin tidak akan ada masalah seperti bisnis prostitusi yang dikhawatirkan pindah di rusunawa. Selain disurvei dan masuk sesuai aturan yang ditetapkan oleh pemkot pihak pengelola juga menyiapkan aturan dan pengamanan yang ketat bagi penghuni. “Kita sudah siapkan satpam 6 orang untuk menjaga rusunawa agar tidak sampai disalahgunakan. Mereka berjaga dengan aturan 3 shift yakni shift pagi sampai siang, siang sampai malam dan malam kembali pagi,” paparnya.

Abbas juga mengungkapkan, selain bertugas untuk menjaga rusunawa mereka juga akan mengawasi tamu-tamu yang keluar masuk rusunawa. Pihak rusunawa juga sudah menetapkan aturan bertamu sampai pukul 21.00 WIB. “Nantinya dengan perkembangan pembangunan rusunawa, juga akan dipasang portal yang nantinya satu jalur saja untuk masuk pada malam hari. Tamu yang berkunjung juga akan diberi kartu pengunjung,” jelasnya.

Sementara itu, Djoko Susilo, salah satu penghuni rusunawa mengatakan, warga eks lokalisasi Semampir atau warga selain Kelurahan Dandangan dan Balowerti akan ditempatkan di blok B yakni rusunawa umum. Dia tidak masalah jika warga eks lokalisasi Semampir pindah asalkan pihak pengelola selektif tetap konsisten pada aturan yang dibuat. “Saya lihat sudah ada beberapa warga semampir yang kesini untuk melihat dan menanyakan proses untuk menempati rusunawa ini,” kata Djoko. (dha)

 

Follow Untuk Berita Up to Date