Rumah Jagal Banyak Tak Berizin

Blitar, koranmemo.com – Rumah jagal yang tersebar di Kabupaten Blitar ternyata banyak yang tak miliki izin.  Hal ini diketahui berdasarkan pendataan yang dilakukan Dinas Peternakan Kabupaten Blitar bahwa saat ini, hanya ada 30 rumah penjagalan yang memiliki izin. Sedangkan sisanya tidak memiliki izin alias ilegal.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Blitar, Yudha Satya, mengatakan bahwa sesuai hasil pantauanya di lapangan, masih banyak rumah jagal yang sebenarnya sudah lama beroperasi tapi hingga kini belum mengurus perizinan.

“Memang banyak rumah jagal yang sudah beroperasi, tapi mereka belum mengurus izin,” jelasnya, Jumat (14/7)Padahal, seharusnya rumah pemotongan hewan atau jagal harus mengurus dan memiliki izin usaha rumah jagal dari Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Blitar.

Menurutnya, dari sekian banyak rumah jagal yang ada, hingga saat ini pihaknya baru mengeluarkan izin resmi usaha jagal sekitar 30 rumah jagal. “Tentu untuk jagal lainnya jumlahnya cukup banyak tidak mengantongi izin alias ilegal,” ujarnya.

Dijelaskan, banyaknya rumah jagal yang tidak mengantongi izin terjadi lantaran tingkat kesadaran pemilik rumah jagal untuk mengurus izin resmi masih rendah. Untuk itu, pihaknya akan terus lakukan sosialisasi dan memantau agar pemilik jagal bisa segera mengurus izin.

Reporter: Arief Juli Prabowo

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.