Rugikan Negara Ratusan Juta Rupiah, Kejari Bidik Koperasi Usaha Mulya

Share this :

Ponorogo, koranmemo.com – Kejaksaan Negeri (Kejari) Ponorogo diam-diam membidik kucuran dana LPDB Kementrian Koprasi-UMKM ke Koprasi Usaha Mulya Kecamatan Jenangan tahun 2013 senilai Rp 1 miliar, karena telah terjadi penyimpangan yang merugikan negara Rp 300 juta.

Kepala Seksi Intelejen (Kasi Intel) Kejari Ponorogo, Iwan Winarso mengatakan, dalam aksinya koperasi yang diketuai Fatkhur Rohman warga Desa Kradenan Kecamatan Delopo Kabupaten Ponorogo ini, membuat ratusan pinjaman fiktif untuk mencairkan dana LPDB, dengan kisaran pinjaman Rp 50 juta – Rp 100 juta. ”Dari 141 orang calon penerima pinjaman, hanya 20 orang yang real realisasinya, sedangkan 121 pinjaman lainnya fiktif,” ujarnya, Selasa (12/9).

Iwan mengungkapkan, sedikitnya sudah ada 20 orang sanksi yang dipanggil dalam kasus ini, yang terdiri dari unsur pengurus koperasi dan nasabah koperasi. Dalam kasus ini sendiri pihaknya telah mengamankan sejumlah barang bukti seperti dokumen pengajuan pinjaman, dan realisasi pinjaman yang belakangan diketahui fiktif. ” Ada 20 orang yang sudah kita panggi. Dokumen-dokumen yang berkaitan dengan pinjaman LPDB di Koperasi ini sudah kita amankan,” pungkasnya.

Reporter: Zainul Rohman

Editor: Achmad Saichu

Facebook Comments
Follow Us

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *