Rp 12,9 Miliar untuk 70 Titik Drainase

Blitar,koranmemo.com – Pembenahan drainase oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Blitar tahun 2019 ini menyasar sejumlah daerah pelosok. Anggaran yang dipasang pun cukup besar, yakni Rp 12,9 miliar. Anggaran sebesar itu rencananya akan dialokasikan untuk pembangunan drainase di 70 titik.

Ke-70 tempat pembangunan drainase dan gorong-gorong itu hampir tersebar di beberapa wilayah. Antara lain Kecamatan Panggungrejo, Bakung, Udanawu, Srengat, Wates, Talun, dan Wonodadi.

“Jumlah alokasi pembangunan gorong-gorong tahun ini lebih sedikit jika dibandingkan dengan alokasi tahun sebelumnya. Tahun lalu alokasi pembangunan drainase ada sekitar 105 titik. Sedangkan tahun ini hanya 70 titik,” ungkap Kepala Bidang Jembatan dan Peralatan Dinas PU dan Penataan Ruang Kabupaten Blitar Sugeng Winarno.

Berkurangnya alokasi pembangunan drainase tahun ini karena minimnya anggaran yang tersedia. Sedangkan jumlah lokasi yang memerlukan pembangunan drainase cukup banyak. Artinya, diperlukan skala prioritas untuk mendahulukan lokasi mana yang akan dibangun gorong-gorong.

Menurutnya, sampai sekarang proyek gorong-gorong masih belum dikerjakan. “Saat ini proyek tersebut masih proses menuju lelang,” pungkas Winarno.

Diharapkan dengan adanya pembenahan saluran drainase yang akan dikerjakan ini bisa membawa dampak positif wilayah sehingga mencegah terjadinya air hujan yang meluap dijalan.

Repoter Arief juli prabowo

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date