Ribuan Umat Hindu Gelar Ngembak Geni di Candi Badut

Malang, koranmemo.com – Ribuan Umat Hindu se-Malang Raya menggelar acara Ngembak Geni di Candi Badut, Desa Karangwidoro, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, Minggu (18/3). Ritual tersebut salah satu rangkaian upacara yang digelar setelah perayaan Nyepi atau Catur Brata Penyepian.

Murah Sudanta, Ketua panitia mengatakan, dalam perayaan Nyepi pada tahun ini mengangkat tema meningkatkan soliditas umat beragama. Acara ini adalah kelanjutan dari upacara Catur Brata Penyepian Tahun Saka 1940 yang dilaksanakan dengan puasa pada Sabtu (17/3). “Ngembak Geni ini yakni rangkaian dari upacara tersebut,” ujarnya.

Perayaan Nyepi digelar di rumah masing-masing umat dan pura. Setelahnya, mereka mengikuti Ngembak Geni di Candi Badut. “Ngembak artinya membuka, geni itu api. Jadi ritual ini untuk membuka atau memulai perjalanan atau kegiatan setelah kami melakukan catur brata penyepian,” ungkapnya.

Sementara, Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kota Malang, Putu Moda Arsana mengungkapkan, sengaja memilih Candi Badut sebagai lokasi lantaran candi satu ini memiliki pengaruh dan sejarah yang melekat dengan umat Hindu. Apalagi diketahui jika Candi Badut sendiri merupakan salah satu peninggalan Kerajaan Kanjuruhan yang juga kerap merayakan Nyepi di tempat tersebut.

Reporter : Yudha Kriswanto

Editor : Della Cahaya

Follow Untuk Berita Up to Date