Ribuan Siswa SMP Siap Hadapi UNBK

Kediri, koranmemo.com Siswa kelas IX tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan sederajat akan menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang akan dimulai 23 April sampai 26 April mendatang. Di Kota Kediri, tercatat hampir tujuh ribu siswa yang akan mengikuti pelaksanaan ujian nasional tersebut.

Data yang dihimpun dari Dinas Pendidikan Kota Kediri tercatat siswa yang akan mengikuti UNBK tahun 2018 ini sejumlah 6.413 siswa. Terdiri dari SMP dan MTS Negeri sejumlah 3.813 siswa dan sekolah swasta 2.601 siswa yang terbagi dalam 41 lembaga pendidikan di Kota Kediri.Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kota Kediri, Chevy Ning Suyudi mengatakan, semua persiapan sudah dilakukan untuk menyambut pelaksanaan UNBK yang dimulai tanggal 23 April. Upaya yang dilakukan adalah, dengan simulasi Ujian Akhir Sekolah (UAS) menggunakan computer based test (CBT) guna memastikan pada pelaksanaan UNBK tidak terjadi gangguan server.

“Kita uji cobanya dengan UAS yang saat ini masih berlangsung. Dengan UAS yang menggunakan CBT kita bisa mencoba server yang digunakan UNBK nanti bisa nyambung atau tidak pada komputer-komputer siswa. Ini juga mempersiapkan kesiapan SDM, mulai dari guru pengawas sampai pada siswa apakah sudah siap apa belum,” jelasnya, Senin (16/4).

Selain itu, pada UNBK nanti dipastikan tidak akan terjadi gangguan listrik padam. Pasalnya, Dinas Pendidikan telah berkoordinasi dengan Perusahaan Listrik Negara (PLN) di Kota Kediri agar tidak terjadi pemadaman saat UNBK berlangsung.

“Kita sudah bekerjasama dengan pihak PLN dan Telkom, agar tidak terjadi gangguan listrik ataupun internet saat ujian berlangsung,” ujarnya.

Pada tahun ini, 100 persen SMP, MTS Negeri maupun Swasta melaksanakan UNBK. Hal ini karena pihak Pemkot Kediri melalui Dinas Pendidikan telah melakukan pengadaan laptop dan komputer sekitar 2000 unit.

Reporter: Zayyin Multazam
Editor: Achmad Saichu