Ribuan Pelanggar Antre Bayar Tilang di Kejari Mejayan

Madiun, koranmemo.com – Ribuan pelanggar lalu lintas antre membayar tilang di Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Madiun, Kamis (17/5). Mereka adalah pelanggar yang terjaring operasi patuh digelar oleh Polres Madiun 26 April – 9 Mei lalu.

“Ada 1.388 pelanggar. Jumlah itu naik lima kali lipat dari sidang dua pekan sebelumnya, yang hanya sebanyak 208 pelanggar,” kata Kasi Pidum Kejari Mejayan Andy Rachman.

Dikatakan, membludaknya pelanggar membayar tilang karena tidak semua dilakukan sidang di tempat. Ditambah lagi lokasi Kabupaten Madiun yang menjadi daerah perlintasan. Dimana, kabupaten ini menjadi penghubung antara Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Sehingga wajar jika banyak pengendara yang melintas dan melakukan pelanggaran. Apalagi, sidang yang biasanya digelar setiap Kamis itu tertunda lantaran 10 Mei lalu bertepatan dengan hari kenaikan Isa Alamasih. ‘’Jadi semakin membludak hari ini,’’ katanya.

Diketahui, pelanggar yang masuk di kantor Kejari harus menjalani pemeriksaan di gerbang masuk. Yakni sebagai bentuk pengamanan dari maraknya aksi terorisme belakangan. Bahkan hanya pelanggar yang diizinkan masuk. Pengantar hanya diperbolehkan berada di depan gerbang kejari.

Kejari juga menempatkan loket bank untuk memudahkan pelanggar membayar denda. ‘’Untungnya kami sudah ada kerjasama dengan bank. Jika pelanggar membludak, loket kami tarik disini. Supaya pelanggar tidak perlu jauh-jauh keluar untuk membayar,’’ pungkasnya.

Reporter: Juremi

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date