Ribuan Pelajar Ikuti PPDB MTs Negeri

Kediri, koranmemo.com – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2019/2020 untuk Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri di Kota Kediri memasuki tahap pengumpulan berkas pendaftaran, Kamis (13/6). Ribuan calon peserta didik baru pun mulai memadati halaman sekolah sejak pukul 07.30 WIB, dengan membawa perlengkapan didampingi orang tua mereka.

Calon siswa tersebut memilih segera mengumpulkan berkas pendaftaran supaya memperoleh kartu untuk mengikuti tes, pasalnya mereka juga khawatir kuota kursi yang disediakan pihak sekolah sudah terisi penuh. Seperti calon peserta yang mengumpulkan berkas pendaftaran di MTs Negeri 1 Kota Kediri, petugas PPDB pun terlihat sangat sibuk memanggil, memeriksa, dan melakukan validasi nomor peserta tes.

Salah satu petugas PPDB MTs Negeri 1 Kota Kediri, Imam Siswandi mengatakan, pendaftaran diawali dengan pengisian formulir di website sekolah serta mencetak formulir yang dikumpulkan dengan berkas persyaratan lainnya. “Kami mulai pukul 08.00 WIB sesuai surat pengumuman dari Kementerian Agama (Kemenag) Kota Kediri, sampai pukul 12.00 WIB, ” jelasnya.

Dari informasi yang diperoleh koranmemo.com, berkas pendaftaran yang sudah dilakukan validasi tercatat sebanyak 478 siswa. Padahal, di halaman wibsite sekolah, sudah tercatat 1.012 siswa yang sudah melakukan pengisian formulir pendaftaran. Jumlah ini pun diperkirakan masih terus bertambah, lantaran pengisian serta pengumpulan berkas pendaftaran sampai tanggal 15 nanti.

Untuk MTs Negeri 1 Kota Kediri sendiri, lanjut Siswandi, sudah mempersiapkan sekitar 950 kursi untuk pelaksanaan tes. Meskipun demikian, pihak sekolah tetap mengupayakan agar siswa mendapat tempat untuk mengikuti tes. “Kalau memang diperlukan, kami akan menggunakan ruang lab dan aula untuk ruang tes. Calon siswa mengikuti tes berbasis kertas,” sahutnya.

Pihak sekolah menyiapkan 11 rombongan belajar (rombel) dengan kuota siswa tiap rombel ada 32 siswa. Siswa yang mendaftar sebagai calon peserta didik baru, akan memperebutkan kuota tersebut, namun ada pengurangan kuota karena beberapa rombel sudah terpenuhi. Pasalnya, sebelum PPDB reguler, pihak sekolah sudah membuka PPDB jalur prestasi.

Sementara itu, Humas MTs Negeri 2 Kota Kediri, Mujiyono menjelaskan, pada hari pertama pengumpulan berkas pendaftaran tercatat 400 siswa sudah tervalidasi. Jumlah tersebut masih belum mencakup keseluruhan siswa yang melakukan pendaftaran, yang diperkirakan mencapai ribuan. Pihak sekolah juga mengupayakan untuk menambah jumlah rombel menjadi 13 dengan tiap rombel berisi 32 siswa.

Meski demikian, sama halnya dengan MTs Negeri 1 Kota Kediri, beberapa rombel sudah terisi. Setidaknya dari 13 rombel yang direncanakan, kuota 8 rombel sudah terpenuhi oleh siswa yang mengikuti PPDB jalur prestasi. “Tahun ini, kami menggunakan sistem SKS, dan paling cepat adalah 4 semester, ” papar Mujiyono.

Reporter : Okpriabdhu Matinu

Editor : Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date