Ribuan Batang Rokok Ilegal Dimusnahkan

Blitar, koranmemo.com – Kantor Pelayanan Bea dan Cukai Blitar memusnahkan ribuan batang rokok ilegal di Rumah Penyimpanan Benda Sitaan (Rubasan) Kelas II Blitar, Rabu (12/12) pukul 11.00 WIB. Ribuan batang rokok ilegal yang dimusnahkan itu hasil sitaan petugas sepanjang 2018. Ribuan batang rokok ilegal itu dimusnahkan dengan cara dibakar. Sebelum dibakar, petugas menunjukkan ribuan batang rokok ilegal yang tidak bercukai.

“Rokok yang kami sita ini rata-rata tidak bercukai. Kalaupun ada cukainya tapi itu palsu,” kata Kepala Kantor Pelayanan Bea dan Cukai Blitar, M.  Arif Setijo Noegroho, Rabu (12/12).

Dia mengatakan, rokok ilegal yang dimusnahkan sebanyak 368.262 batang senilai Rp 262 juta. Jumlah itu hanya sekitar seperempat dari jumlah rokok yang disita petugas Bea dan Cukai selama 2018. Selama 2018 ini, petugas Bea dan Cukai menyita sekitar 1,3 juta batang rokok ilegal.

“Lainnya masih kami simpan di gudang. Belum kami ajukan untuk dimusnahkan,” ujar Arif.

Dia mengatakan,  petugas Bea dan Cukai baru kali pertama ini memusnahkan barang bukti sitaan di Rubasan Kelas II Blitar. Sebelumnya, petugas Bea dan Cukai Blitar memusnahkan barang bukti sitaan di Lawang, Malang.

“Ternyata di Blitar juga ada tempat untuk pemusnahan. Sekarang lebih dekat dan biayanya lebih murah,” katanya.

Reporter Arief Juli Prabowo

Editor Della Cahaya

Follow Untuk Berita Up to Date