Review Buku: Manajemen Pelayanan Publik

Kemudian penulis menyinggung tentang konsep dari pelayanan publik. UNDP mendefinisikan, good governance adalah penerapan kekuasaan politik, ekonomi, dan administratif untuk mengelola urusan suatu bangsa pada semua tingkat. Good governance muncul pertama kali karena faktor tidak adanya acuan terhadap penilaian suatu negara bisa dikatakan baik atau tidak. Ukuran baik atau tidak inilah yang sebelumnya masih belum ditemukan apa saja faktor penentunya. Kemudian munculah World Bank sebagai organisasi yang kemudian memunculkan indikator-indikator sebagai acuan penilaian sebuah negara itu bisa dikatakan baik atau tidak. Dalam perjalanannya kemudian good governance dengan indikator-indikatornya menjadi sebuah konsepa dalam menjalankan sebuah negara untuk meningkatkan nilai-nilai indikator dalam good governance, walaupun memang masih banyak hal yang harus dipertanyakan dari penilaian good governance, terkait dengan trasparansi data, kemudian juga tolak ukur penilaian dan lain sebagainya. Namun yang harus disambut baik adalah dengan konsep good governance ini negara berlomba-lomba meningkatkan nilai-nilai indikatornya sehingga merangsang pelaksana pelayanan publik untu terus berinovasi dalam menjalankan tugasnya sebagai penyedia layanan kepada masyarakat.

Kesimpulan

Setelah menyimak sinopsis dari buku Manajemen Pelayanan Publik ini kita dapat menyimpulkan, tujuan utama dari adanya pelayanan terhadap publik adalah mempermudah urusan masyarakat terkait dengan hak-haknya kepada Pemerintah sehingga membuat masyarakat lebih mudah dalam usaha meningkatkan taraf kehidupannya.

Kelebihan Buku

Buku ini bisa dikategorikan sebagai buku yang mudah dicerna oleh kalangan umum, menggunakan bahasa-bahasa sederhana sehingga membuat langkah untuk memahaminya tidak begitu sulit. Begitu juga dengan pembagian-pembagian bab-bab yang terdapat dalam buku ini juga berkaitan erat dengan pemahaman-pemahaman yang selama ini sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat terutama pelajar. Maka sangat cocok sekali sebagai pendamping atau pengatar dalam memahami esensi dari manajemen pelayanan publik.

Kelemahan Buku

Kesederhanaan isi dan juga bahasa yang digunakan juga berimbas pada fokus dari buku ini yang tidak terlalu mendalam berkaitan dengan inti-inti dari setiap elemen yang dibahas dalam pelayanan publik, sehingga untuk mendalami setiap inti dari pembahasan manajemen pelayanan publik masih membutuhkan referensi lainya.

Follow Untuk Berita Up to Date