Review Buku: Manajemen Pelayanan Publik

Kualitas kinerja merupakan inti dari proses berjalannya kinerja pelaksana pelayanan publik. Mengapa demikian, karena kualitas kinerja akan sangat menentukan kebehasilan atau keoptimalan pelayanan kepada masyarakat. Apabila kualitas kinerja dari pelaksananya baik maka hasil yang akan diraihpun juga akan baik pula. Begitu pula sebaliknya, apabila kinerja pelayanan yang diberikan tidak berkualitas maka pelayanan yang diberikanpun juga tidak berkualitas.

Indikator pelayanan publik ini berfungsi sebagai pengukur bagaimana kinerja pelayan publik menjalankan tugasnya. Dengan indikator pelayanan publik inilah akan diketahui sejauh mana fungsi-fungsi yang terbagi kedalam setiap individu organisasi dijalankan. Maka penting untuk memahami setiap unsur dari indikator pelayanan publik.

Penilaian merupakan tahap akhir bagaimana kinerja pelayanan publik dijalankan. Dengan jalan penilaian inilah akan diketahui apakah kinerja yang telah dilaksanakan sudah bisa menghasilkan tujuan sesuai dengan yang diharapkan. Penilaian ini tentu tidak boleh hanya beracuan pada internal pelaksana pelayanan publik saja, akan tetapi juga tanggapan dan juga asumsi masyarakat sebagai objek utama pelaksanaan pelayanan publik. Sehingga dalam pelaksanaan pada periode selanjutnya, apa yang dijalankan dalam kinerja bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal lagi sebagai bahan evaluasi.

Sumber daya manusia atau sumber daya aparatur merupakan aspek utama dalam mencapai tujuan organisasi. Hal ini jelas dikarenakan aparatur merupakan pelaksana dari pelayanan publik. Pelayanan kepada publik akan berjalan dan sesuai dengan tujuan luhur bangsa ini apabila terdapat aparatur yang menjalankan fungsi terhadap tugas yang telah diberikan. Maka dalam hal ini aparatur menjadi kunci berjalannya pelayanan kepada masyarkat. Terlepas dalam buku ini dijelaskan tentang kriteria aparatur pelayanan publik, yang lebih penting, harus ada pemerataan dari segi kuantitas lebih-lebih kualitas aparatur pelayanan publik yang ditempatkan diberbagai daerah terutama daerah-daerah yang jauh dari pusat pemerintahan, sehingga pelayanan publik tidak hanya milik masyarakat yang tempat tinggalnya dekat dengan pusat pemerintahan saja, akan tetapi kepada seluruh masyarakat yang mempunyai hak untuk dipenuhi kebutuhan hidup bernegaranya.

Setelah kita tadi berbicara tentang bagaimana pelayanan publik itu dijalankan dengan dasar-dasar acuan yang jelas, kemudian juga karakteristik pelaksana pelayanan publikĀ  yang dijalankan. Pada bab ini kita akan membahas tentang bagaimana sistem yang menaungi seluruh aspek pelayanan publik itu dilaksankan. Perlu diketahui, ada beberapa sistem birokrasi yang ada diseluruh dunia, maka setiap negara memliki ciri serta karakteristik yang berbeda-beda tergantung pada kebutuhan yang dimiliki. Birokrasi berfungsi sebagai alat untuk mencapai tujuan sebuah negara. Reformasi birokrasi terjadi karena sudah tidak adanya keselarasan antara kebutuhan masyarakat dengan sistem yang dijalankan oleh pelaksana pelayanan publik. Maka kemudian dilakukan pengaturan ulang terhadap sistem birokrasi untuk menyelaraskan antara tujuan negara dengan kebutuhan masyarakat.

Follow Untuk Berita Up to Date