Review Buku: Manajemen Pelayanan Publik

Judul Buku      : Manajemen Pelayanan Publik

Karya              : Hayat, S.AP., M.Si

Penerbit           : Depok; PT. Rajagrafindo Persada, 2017

Tebal Buku      : xviii, 226 hlm., 21 cm

Cetakan           : kedua

 

Sinopsis

Dalam pendahuluan yang termuat dalam buku ini, penulis mencoba mendasari pengetahuan kita tentang Manajemen Pelayanan Publik dengan menggambarkan dan menjelaskan dasar-dasar pelaksanaan pelayanan pemerintah kepada masyarakat.

Penulis dalam meyampaikan materinya berusaha menanamkan kepada pembaca bagaimana pemerintah melaksanakan tugasnya sebagai organisasi yang bertanggung jawab atas penyelenggaraan pelayanan kepada publik atau masyarakat. Penyampaian terhadap dasar-dasar pelaksananaan pelayanan dan juga fungsi serta tujuan yang harus dicapai menjadi dasar bagaimana pembaca bisa memahami tahap-tahap yang harus dilalui untuk mewujudkan pemerintahan yang bisa memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Kemudian pada sub bab kedua penulis mencoba lebih berfokus pada bagaimana organisasi pemerintah dijalankan berdasarkan fungsi dan tujuannya. Menyangkut tentang bagaimana dasar-dasar yang menjadi landasan dalam kehidupan bernegara dilaksanakan dan diimplementasikan oleh pelaksana kebijakan dalam rangka pelayanan publik. Keterkaitan antara manajemen yang dijalankan dengan tujuan pelayanan publik sangat ditekankan oleh penulis sehingga harus ada keselarasan diantara keduanya. Penulis juga menjelaskan bagaimana karakteristik dari organisasi yang terdiri dari enam poin antara lain, pembagian kerja, struktur hierarki, aturan dan prosedur formal, impersonalitas, karir berdasarkan prestasi, dan rasionalitas.

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik tentang definisi pelayanan publik adalah kegiatan atau rangkaian kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan bagi setiap warga negara dan penduduk atas barang, jasa, dan atau pelayanan administratif yang disediakan oleh penyelenggara pelayanan publik.

Secara sederhana, pelayanan publik adalah proses pemenuhan kebutuhan. Manusia merupakan makhluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain sesama manusia, tidak hanya berhenti sampai disitu saja, akan tetapi juga membutuhkan komponen-komponen lainnya dalam rangka mencapai tujuan hidup yang dikehendaki. Kebutuhan-kebutuhan tersebut memang secara umum merupakan tanggung jawab dari masing-masing individu, namun seiring dengan berjalannya waktu, dalam kehidupan bernegara khususnya ada kebutuhan-kebutuhan yang memang tidak bisa dipenuhi secara pribadi. Kebutuhan-kebutuhan seperti surat menyurat, perizinan, pekerjaan dan lain sebagainya bisa dipenuhi karena adanya campur tangan dari pihak lain.

Follow Untuk Berita Up to Date