Ratusan Umat Hindu Ikuti  Upacara Melasti

Nganjuk, koranmemo.com -Menjelang hari raya Nyepi ratusan penganut agama Hindu di Kabupaten Nganjuk tumpah ruah di dalam upacara melasti, Minggu (11/3). Bertempat di Wisata Roro Kuning, Desa Bajulan Kecamatan Loceret Kabupaten Nganjuk, upacara tersebut berjalan dengan khidmad serta menarik perhatian para pengunjung.

Iring-iringan seluruh umat Hindu yang mengenakan pakaian adat khas Bali terlihat berjalan dari Pura Kerta Bhuwana Giri Wilis, dengan membawa berbagai macam sesaji menuju tempat pelaksanaan upacara Melasti. Upacara ini merupakan upacara penyucian diri (Buana Alit), dan Bumi (Buana Agung) beserta isinya yang digelar tiap menjelang hari raya Nyepi.

Setelah melakukan serangkaian prosesi acara, kegiatan upacara Melasti diakhiri dengan melarungkan berbagai macam sesaji berupa hasil bumi dan ternak, yang langsung dibawa oleh tokoh agama umat Hindu Dharma, dari Pura untuk dilarungkan di sungai. Sesaji yang akan dilarungkan di antaranya, padi, jagung, buah-buahan, serta hewan ternak.

Tak pelak warga yang sudah lama menunggu di tepi sungai langsung terjun ke sungai untuk mendapatkan sesaji. Warga rela berbasah-basahan dan saling berebut sesaji yang nantinya akan dimasak. Sementara, hasil bumi yang dilarungkan ini dipercaya warga bisa membawa keberkahan.

Menurut salah satu tokoh agama, Mangku Damri, upacara melasti bertujuan untuk mensejahterakan lahir batin umat Hindu. “Juga sebagai bentuk wujud syukur kepada Tuhan, sehingga diadakan serangkaian acara menjelang hari raya Nyepi, salah satunya dengan menggelar upacara melasti,” ungkapnya.

Reporter: Andik Sukaca
Editor : Achmad  Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date