Ratusan Murid TK Hingga SMA Padati Aula Dinas Pendidikan Kota Kediri, Ada Apa?

Kediri, koranmemo.com –– Hampir 600 peserta hadir di Aula Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Kediri untuk mengikuti seleksi lomba Talent Show, Minggu (14/4). Setidaknya, ada lima bidang perlombaan diantaranya lomba mewarnai, tari kreasi, talent competition, dan foto genic.

Koordinator Panitia, Laurensia Anis Erlina Sari mengatakan, perlombaan yang digelar di Aula Disdik Kota Kediri, adalah kota kedelapan selama tahap seleksi dilakukan. Pihaknya sengaja menggandeng Disdik, dengan harapan sertifikat prestasi yang diperoleh dapat mendukung peserta di lembaga pendidikan. “Sekarang ini, sertifikat juga dapat digunakan untuk mendukung prestasi akademik pelajar,” tuturnya, saat ditemui Koranmemo.com

Seleksi ini, dilakukan dengan bentuk road show di sepuluh kota dan kabupaten se-Jawa Timur. Seleksi, lanjutnya, akan dilakukan minggu depan di Nganjuk, dan terakhir tanggal 1 Mei di Jombang. Sebelumnya, seleksi sudah dilaksanakan di Tulungagung, Blitar, Ngawi, Mojokerto, Ponorogo, Madiun, dan Trenggalek.

Khusus untuk seleksi talent, sambungnya, peserta yang mengikuti seleksi mulai jenjang Taman Kanak-Kanak (TK) sampai Sekolah Menengah Atas (SMA), bidang lomba yang lain hanya sampai jenjang sekolah menengah pertama (SMP) sederajat. Dari masing-masing bidang lomba, akan diambil sepuluh besar, namun hanya peringkat satu sampai enam yang mengikuti babak Grand Final.

Gran Final, rencana akan dilaksanakan pada tanggal 14 Juli dan Kota Kediri ditunjuk sebagai tuan rumah. Ini lantaran, Kota Kediri yang posisinya berada di tengah-tengah, dinilai tidak memberatkan orang tua untuk mengantar anaknya sehingga perlombaan dapat dilaksanakan dengan maksimal.

Ia berharap, dengan diadakan perlombaan seperti ini, peserta dapat menampilkan bakat yang dimiliki serta menunjang prestasi di bidang akademik maupun non akademik. “Nanti, para peserta akan memperebutkan piala bergilir Dinas Pendidikan Kota Kediri. Nah, dari sini, minat para peserta terus meningkat sekaligus memperkenalkan pariwisata yang ada di Kota Kediri,” ucapnya.

Sementara itu, Siswanto, Kepala Disdik Kota Kediri menjelaskan, perlombaan semacam ini harus sering dilakukan. Tidak hanya dari lembaga maupun pihak negeri saja, dengan bekerja sama dengan pihak swasta, diharapkan mampu menumbuhkan bakat dan minat para pelajar. Dengan minat dan bakat tersebut, dinilai tidak hanya mendukung di jenjang yang lebih tinggi, namun juga mendukung pelajar untuk mempersiapkan diri di masa yang akan datang.

Selain itu, perlombaan juga dapat menjadi wadah bagi para peserta untuk menunjukkan bakat dan secara tidak langsung melatih mental mereka. Mental menjadi hal yang paling penting serta termasuk dalam pendidikan karakter, karena jika mental mereka lemah, tidak mungkin dapat menghadapi tantangan muncul sewaktu-waktu. “Acara seperti ini sangat baik, anak-anak juga dapat mengeluarkan potensi dan kemampuan mereka di depan banyak orang. Dan masih banyak lagi manfaat untuk psikis dan tumbuh kembang anak di masyarakat,” ujarnya.(Adv)

Reporter : Okpriabdhu Mahtinu
Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date