Ratusan Jiwa Melayang Gara-gara Ini

Nganjuk, koranmemo.com -Selama kurun tahun 2017, tercatat setidaknya 245 jiwa melayang akibat kecelakaan. Ini membuktikan di Nganjuk tingkat kecelakaan meninggal cukup tinggi.

Diperkirakan, pengendara tidak mendapatkan SIM sesuai prosedur yang benar atau bahkan mereka tidak memiliki SIM.

Padahal, kewajiban yang harus dimiliki oleh pengendara motor adalah SIM, dan untuk mendapatkan surat izin harus melalui beberapa tahapan, agar memiliki pengetahuan yang cukup tentang berlalulintas.

Kapolres Nganjuk AKBP Dewa Nyoman Nanta Wirannta mengatakan, SIM itu syarat wajib yang harus dimiliki oleh pengendara sepeda motor, agar mereka memiliki pengetahuan yang cukup.

“Seperti memahami rambu-rambu, bagaimana etika menyalip yang benar, cara belok kanan atau kiri, dan sebagainya,” ujarnya usai launching program LUPS dan TUMOS, hari ini Sabtu (24/2/2018).

Dikatakan, apabila sebagai pengguna lalu lintas tidak memiliki pengetahuan yang cukup,  selain membahayakan diri sendiri juga orang lain.

“Maka untuk membuat SIM harus ada uji tulis dan praktik. Kalau tidak lulus mereka harus mengulang dengan mengikuti les,” pungkasnya.

Reporter : Muji Hartono
Editor      : Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.