Ratusan Buku Latihan Soal CPNS Ludes Sebulan Sebelum Pendaftaran Resmi

Malang, koranmemo.com – Menjelang pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang mulai dibuka sejak Rabu (19/9), ratusan buku latihan soal-soal tes CPNS ludes terjual di Pasar Buku Wilis, yang berada di Jalan Simpang Wilis Indah, Kecamatan Klojen, Kota Malang. Bahkan tiga bulan sebelumnya, masyarakat sudah ramai mencari buku latihan soal-soal CPNS tersebut untuk persiapan.

Hari Susanto (62), salah satu penjual buku di Pasar Buku Wilis mengatakan, sejak bulan puasa pada Juni 2018 lalu, masyarakat sudah ramai mencari buku-buku soal CPNS tersebut. Padahal, bulan itu Badan Kepegawaian Negara (BKN) belum mengumumkan mengenai kapan pendaftaran penerimaan CPNS 2018 dibuka.

Namun, antusiasme masyarakat menyambut pengumuman resmi terkait penerimaan CPNS 2018 tetap tinggi sehingga jauh-jauh hari sudah dipersiapkan seperti mencari buku soal-soal CPNS.

“Banyak sekali masyarakat yang mencari mulai dari warga Malang sendiri, Kediri, Jombang, Nganjuk, Pasuruan dan kota sekitar Malang menuju pasar buku ini untuk mencari buku-buku latihan soal CPNS. Saya selalu menyetok 50-an buku per bulannya namun langsung habis dalam sebulan,” ujarnya.

Sebelumnya memang banyak sumber yang mengatakan bahwa penerimaan CPNS 2018 akan segera digelar pada akhir bulan Juli 2018.  Maka dari itu pada Juni dan Juli 2018 masyarakat langsung menyerbu pasar ini untuk mencari buku-buku itu untuk sekedar buat latiahan persiapan. “Pada bulan September ini sudah habis semua stok buku latihan soal-soal CPNS tersebut di semua lapak pasar buku ini. Padahal masyarakat juga masih banyak yang datang untuk mencari,” ujarnya.

Menurut Hari, ada perbedaan buku-buku latihan soal CPNS dulu dan sekarang. Jika dulu soal-soal latihan tes CPNS dikeluarkan langsung dari pemerintah semacam lembaran-lembaran, namun saat ini sudah banyak penerbit yang mengeluarkan buku-buku latihan soal tes CPNS tersebut.

“Yang menjadi perbandingan lagi banyaknya masyarakat yang datang kesini daripada mencari di toko buku seperti di Mall lantaran di pasar buku sini lebih terjangkau harganya,” tutur Hari.

Sementara itu, Alifa Nurma warga Kota Malang mengatakan, dia ke Pasar Buku Wilis ini untuk mencari buku-buku latihan soal tes CPNS untuk persiapannya ikut tes CPNS yang akan digelar pemerintah. Namun saat berkeliling di semua lapak buku di pasar tersebut tidak mendapatkan buku-buku latihan soal CPNS tersebut lantaran stok habis atau kosong.

“Saya dari tadi putar-putar dari lapak satu ke lapak buku lainnya di sini tidak dapat buku itu, katanya habis semua sejak sebulan yang lalu. Terpaksa deh beli di toko buku lainnya walau mungkin harganya lebih mahal,” pungkasnya.

Untuk diketahui, BKN akan mengumumkan berbagai formasi pendaftaran CPNS 2018 sekaligus instansi yang membuka lowongan melalui situs resminya yakni sscn.bkn.go.id, Link sscn.bkn.go.id dijadwalkan bisa diakses mulai Rabu (19/9) pukul 13.00 WIB.

Rencananya, hari pertama sscn.bkn.go.id  hanya mengumumkan formasi. Sedangkan proses pendaftaran dimulai 26 September 2018. Melalui situs sscn.bkn.go.id, nantinya calon pelamar dapat melakukan rangkaian proses registrasi hingga cetak kartu peserta.

Reporter: Yudha Kriswanto

Editor: Della Cahaya Praditasari

Follow Untuk Berita Up to Date