Ramadan, Aksi Pasangan Bukan Suami Istri Masih Marak

Kediri, koranmemo.com – Terjadi lagi, pasangan bukan suami istri terjaring razia cipta kondisi (cipkon) yang dilakukan oleh petugas Satpol PP Kota Kediri, Senin (13/5). Mereka diketahui berada di dalam kamar saat siang hari dengan kondisi pintu tertutup, di salah satu tempat kos yang berada di Kelurahan Semampir Kecamatan Kediri Kota. Bahkan, usia mereka juga terpaut jauh, sekitar 14 tahun.

Kasi Penyelidikan dan Penyidikan Satpol PP Kota Kediri, Yuni Widiyanto mengungkapkan, pasangan yang terjaring razia kali ini, memang usianya terpaut cukup jauh. Karena tidak bisa menunjukkan buku nikah, petugas membawa ke kantor Satpol PP Kota Kediri.

“Yang jelas, saat petugas tadi ke lokasi, mereka berada di dalam kamar. Meskipun masih pacaran, sebaiknya tidak melakukan hal seperti itu,” tuturnya, saat ditemui Koranmemo.com.

Diketahui identitas pasangan tersebut berinisial MKH (19) laki-laki asal Desa Juwet Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk dengan pasangannya RW (33) perempuan asal Kelurahan Mojoroto Kecamatan Mojoroto Kota Kediri. Meskipun usia mereka terpaut 14 tahun, namun dari pantauan koranmemo.com, mereka ini adalah sepasang kekasih.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatan mereka, petugas pun memanggil perwakilan dari masing-masing pihak keluarga. Diharapkan, jika mereka benar-benar mempunyai hubungan asmara dan direstui oleh keluarga dari kedua belah pihak, supaya segera dilangsungkan pernikahan. Mengingat pihak laki-laki yang berusia 19 tahun, dinilai masih perlu bimbingan supaya emosi tetap terjaga dalam suatu hubungan.

Dari pihak laki-laki pun mengakui hal tersebut saat dilakukan pemeriksaan oleh petugas Satpol PP. Ia mengaku sudah cocok dan nyaman menjalin hubungan dengan wanita yang lebih tua dari dirinya. Ternyata, mereka ini juga bekerja di tempat yang sama di salah satu perusahaan swasta, Kota Kediri.

Dari informasi yang diperoleh koranmemo.com, pihak laki-laki mengaku berada di kos karena disuruh untuk membersihkan tempat kos tersebut. Namun, belum lama membersihkan, ada petugas yang datang untuk melakukan pemeriksaan yustisi.

Ini dilakukan sesuai dengan Peraturan Wali (Perwal) Kota Kediri Nomor 2 Tahun 2017 Peraturan Walikota (PERWALI) tentang Perubahan Kelima atas Perwali Kediri No 40 Tahun 2014 tentang Pedoman Pelaksanaan Program Fasilitasi Pemberdayaan Masyarakat tema Kependudukan dan Perkawinan.

Reporter : Okpriabdhu Mahtinu

Editor : Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date