PWI Lamongan Ajak Pelajar Berjiwa Sosial

Lamongan, koranmemo.com – Donor darah yang merupakan rangkaian kegiatan dalam menyambut Hari Pers Nasional (HPN) tahun ini mendapat respon positif dari kalangan pelajar di Lamongan. Buktinya, sejumlah siswa di lembaga Sekolah Menengah Atas (SMA) yang menyumbangkan darahnya membludak mendatangi SMA Negeri 2 Lamongan, Rabu (9/1).

Selain kalangan pelajar, kegiatan yang dimotori oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Lamongan itu nampak juga anggota PWI baik dari wartawan cetak, online maupun elektronik ikut mendonorkan darahnya.

Dari data yang dihimpun, ada beberapa lembaga menengah atas turut berperan untuk mengirimkan siswa-siswinya menuju SMA Negeri 2 Lamongan dimana lokasi tersebut dijadikan  pelaksanaan donor darah.

Sementara, sekitar 5 petugas dari PMI mengawali kegiatan pengambilan darah yang diawali dengan pemeriksaan fisik sekitar pukul 08.00 WIB hingga 12.00 WIB sudah mendonor kurang lebih 100 peserta.

Bachtiar Febrianto, ketua PWI Kabupaten Lamongan mengatakan kegiatan donor darah ini adalah bagian dari ajakan kepada kawula muda terutama bagi kalangan pelajar untuk tergugah membantu sesama dengan cara mendonorkan darah.

“Dalam kegiatan peringatan hari Pers kali ini, ada kegiatan lain selain donor darah. Diantaranya tanam pohon, bedah rumah, pasar murah dan puncaknya adalah PWI awards,” tuturnya.

Momentum donor darah kali ini, tambahnya, mengisyaratkan bahwa kalangan Pers yang setiap harinya bergelut meski dengan berbagai bentuk kondisi apapun itu akan tetapi tetap berkomitmen untuk bisa menyajikan berita bagi masyarakat, juga bisa berbagi (sosial) kepada masyarakat lain dengan cara mendonorkan darah.

Disisi lain, ketua panitia HPN 2019 Kabupaten Lamongan, Nur Qomar Hadi menjelaskan, aksi ini sebagai bentuk kepedulian wartawan terhadap masyarakat Lamongan dan upaya membantu PMI untuk mengatasi kelangkaan darah yang kerap terjadi. “Acara donor darah ini juga upaya kita membantu PMI dalam mengatasi kekurangan stok darah, yang sering terjadi,” katanya.

Dikatakan, aksi donor darah ini merupakan agenda rutin dilakukan wartawan yang tergabung dalam Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Lamongan. Bedanya, untuk tahun sebelumnya pesertanya TNI-Polri, sedangkan untuk tahun ini sasarannya adalah kalangan pelajar.

“Alhamdulillah banyak warga yang terbantu dan pihak-pihak yang kita ajak untuk kegiatan donor darah ini juga merasa senang,” jelasnya sembari menambahkan jika PWI menargetkan 150 kantong darah dengan berbagai jenis golongan darah.

Reporter Rariz Fahyu

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date