Pwi Jatim Buka Bersama Dan Santuni Anak Yatim

Surabaya, koranmemo.com – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur menggelar buka bersama dan memberikan santunan kepada anak yatim, Senin (11/6). Kegiatan berlangsung di gedung PWI, Jalan Taman Apsari Surabaya dan diikuti 30 anak yatim dari Panti Asuhan Al-Muhajirin, Gununganyar, Surabaya dan beberapa anak yatim dari non panti beserta para pembimbingnya.

“Anak-anak merasa senang di bulan Ramadan ini bisa silaturrahmi secara langsung dengan wartawan,  pengurus, serta berkunjung ke gedung PWI Jatim.  Apalagi mendapat bingkisan. Terimakasih. Barokallah,” ujar Nusroh, Ketua Panti Asuhan Al Muhajirin Surabaya.

Wakil Ketua PWI Jatim, Lutfil Hakim pada kesempatan itu mengemukakan, kegiatan buka bersama ini untuk menjalin silaturahmi sesama pengurus dan anggota PWI Jatim khususnya di bulan Ramadan. “Kami mengundang anak yatim sebagai wujud rasa peduli wartawan kepada anak yatim,” ujarnnya.

Hadir pada kesempatan itu Ketua Dewan Kehormatan Daerah (DKD) PWI Jatim H. Joko Tetuko sekaligus memberikan tausiyah bersama wartawan senior H. Fery Is Mirza. “Ini hari ke 27 Ramadan sungguh sangat berkah dan sangat berbahagia PWI bersama anak yatim,” ujar H. Joko Tetuko.

Ia menguraikan kewajiban untuk mencintai dan menyayangi anak yatim serta menganjurkan memberi makan orang miskin sebagaimana disebutkan dalam Alqur’an Surat Al-Ma’un 1-3. “Tahukah kamu orang yang mendustakan Agama? Itulah orang yang menghardik anak yatim dan tidak menganjurkan memberi makan orang miskin,” ujarnya mengurai makna ayat tersebut.

 “Yadu’ul yatim” atau menghardik anak yatim adalah orang yang memiliki rasa benci dan apatis terhadap anak yatim. Dengan demikian meskipun rajin shalat, rajin puasa dan rajin melaksanakan ibadah lainnya, namun apabila tidak peduli terhadap nasib anak yatim dan  orang miskin maka keimanannya perlu dipertanyakan.

Panitia pelaksana yang diwakili Syaiful Anam mengemukakan, kegiatan berbagi dengan anak yatim selalu digelar oleh PWI Jatim. “Ramadan tahun ini dikoodinir  kepanitiaan Musholla At-Taubah PWI Jatim,” ujarnya. Bukan hanya pada saat bulan Ramadan, pada berbagai kesempatan seringkali bersama anak yatim.

“Saat peresmian gedung baru PWI Jatim juga minta doa dan memberikan santunan kepada anak yatim,” tambahnya.

Editor : Della Cahaya Praditasari

Follow Untuk Berita Up to Date