Puluhan Tenaga Pendidik ikuti TOT

Kediri, koranmemo.com – Puluhan tenaga pendidik mengikuti Training Of Thainers (TOT) Penggunaan Aplikasi e-Rapor SMP 2019, yang dilaksanakan di Aula Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Kediri, Selasa (10/9). Dalam pelatihan tersebut, tenaga pendidik diharapkan dapat mengoperasikan maupun memasukkan (menginput) data atau nilai siswa ke dalam aplikasi e-rapor.

Kabid Pembinaan Pendidikan Dasar Disdik Kota Kediri, Ibnu Qoyim mengatakan, dengan mengadakan pelatihan ini, mengingat semua sekolah baik negeri dan swasta sudah menggunakan aplikasi e-rapor, karena ada pembaruan versi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menjadi versi 2.0, operator dan tenaga pendidik dapat mengoperasikan dengan baik.

E-rapor tersebut, lanjutnya, semua proses pendataan jauh lebih mudah dan dapat mengetahui perkembangan serta kemampuan siswa selama mengikuti proses Pendidikan di sekolah. “Dengan menggunakan e-rapor, guru jadi lebih mudah untuk mengetahui perkembangan kemampuan anak itu seperti apa, pencapaian anak dengan kurun waktu tertentu itu seperti apa,” jelasnya.

Namun, untuk mengetahui hal tersebut, tentunya tenaga pendidik harus paham dan mengerti cara mengisi atau menggunakan e-rapor ini. Pasalnya, untuk mengisi data, tenaga pendidik dituntuk melakukan dengan benar, bukan mengisi data dengan baik. Meskipun pengisian data baik, jika tidak tepat dan benar, maka nilai dan diskripsi (keterangan) tidak akan muncul.

Pelatihan ini dilakukan sesuai Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan. Dalam peraturan tersebut menjelaskan bahwa penilaian pendidikan pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah, terdiri atas penilaian hasil belajar oleh pendidik, satuan pendidikan, dan pemerintah.

Penilaian hasil belajar oleh pendidik bertujuan untuk memantau dan mengevaluasi proses, kemajuan belajar, dan perbaikan hasil belajar peserta didik secara berkesinambungan. Penilaian hasil belajar dimulai dengan merencanakan penilaian, menyusun instrumen, melaksanakan penilaian, mengolah dan memanfaatkan, serta melaporkan hasil penilaian.

Proses Penilaian hasil belajar peserta didik, baik oleh pendidik maupun oleh lembaga pendidikan, akan lebih sistematis, komprehensif, lebih akurat, dan lebih cepat dilakukan jika didukung dengan perangkat aplikasi komputer.

Sejak tahun 2017, Direktorat Pembinaan SMP, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kemendikbud sudah mengembangkan aplikasi e-Rapor SMP mulai versi 1.0 yang terintegrasi dengan Data Pokok Pendidikan (Dapodik), termasuk panduan pengunaannya.

Namun sejalan dengan perkembangan kebijakan penilaian, Dapodik, dan kebutuhan di sekolah, aplikasi e-rapor untuk SMP sudah dilakukan upaya pengembangan serta penyempurnaan menjadi aplikasi e-rapor SMP versi 2.0, yang diharapkan dapat mempermudah tenaga pendidik untuk mengoperasikan aplikasi tersebut.

Reporter : Okpriabdhu Mahtinu
Editor : Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date