Puluhan Ribu Santri Kirab Keliling Kota

Jombang, koranmemo.com – Sedikitnya 45 ribu santri di Jombang melakukan kirab keliling jalur kota Jombang, Sabtu (22/10). Hal itu dilakukan dalam rangka memeriahkan puncak peringatan Hari Santri Nasional (HSN), Sabtu (22/10).

Kirab dimulai dari Alun-alun Jombang – Jl Diponegoro – Jl KH Wahid Hasyim – Jl Gus Dur Jombang dan berakhir atau finish di stadion Jombang. Acara semakin meriah dengan penampilan sejumlah kelompok drum band.

Sebelum melakukan kirab, puluhan ribu santri dari 16 pondok pesantren besar itu terlebih dahulu berkumpul di alun-alun setempat untuk mengikuti apel HSN yang dipimpin oleh Bupati Jombang Nyono Suharli Wihandoko. Peserta apel juga datang dari kalangan pelajar di bawah naungan Kemenag. Hadir juga para kiai serta seluruh pengasuh pondok pesantren dalam apel tersebut.

“Kami mengucapkan selamat Hari Santri Nasional. Peran santri dalam membangun negeri ini sangat besar. Karena santri juga ikut berjuang mengusir penjajah,” kata Nyono yang juga tampil mengenakan pakaian khas santri seperti sarung lengkap dengan pecinya.

Dalam kirab, para santri juga membawa berbagai atribut mulai dari spanduk bertuliskan NKRI Harga Mati, bendera merah putih ukuran kecil dan besar dan juga bendera NU.  “Tidak boleh ada yang merongrong keutuhan bangsa. NKRI final, NKRI harga mati,” teriak Imron, salah satu santri Ponpes Mambaul Ma’arif Denanyar.

Sementara, tokoh muda NU asal Kecamatan Gudo, Dimas Cokro Pamungkas memberikan apesiasi positif digelarnya kirab HSN tersebut. Karena hal itu semakin meneguhkan Jombang sebagai kota santri.

Selain itu, HSN marupakan hari untuk memperingati peran besar kaum kiai dan santri dalam perjuangan melawan penjajahan, bertepatan dengan resolusi jihad yang dicetuskan Hadratus Syaikh Hasyim Asyari bersama para ulama pada 22 Oktober 1945.

“Ini untuk menyegarkan ingatan bangsa kita bahwa peran santri tidak kecil dalam membangun bangsa ini. Para kiai dan santri ikut berjuang mengusir penjajah,” tutur pria yang akrab dipanggil Gus Dimas ini. (ag)

 

Follow Untuk Berita Up to Date