Puluhan Penari Cilik Hibur Penumpang KA

Sidoarjo, koranmemo.com – Sejumlah penari cilik tampil menghibur para penumpang yang sedang menunggu kedatangan kereta api di Stasiun Sidoarjo, Rabu (28/3). Para penari cilik yang tampil dengan berbagai kostum itu merupakan peserta lomba tari tradisional yang digelar PT KAI Daerah Operasi (Daops) 8 Surabaya. Liuk tangan dan gemulai gerak para penari cilik itu menjadi hiburan tersendiri bagi penumpang KA.

Manager Humas Daop 8 Surabaya, Gatut Sutiyatmoko mengungkapkan, perlombaan ini diikuti oleh 28 peserta dari PAUD dan TK se-Sidaorjo. “Kita berharap dalam perlombaan ini bisa tumbuh rasa cinta kasih sejak dini terhadap moda transportasi khususnya kereta api sekaligus kecintaan pada budaya bangsa,” jelasnya saat berada di stasiun kereta api Sidoaro Kota.

Penilaian perlombaan tari cilik ini akan dikategorikan menjadi empat kategori. Yakni wiraga, gerak yang ditampilkan harus selaras. Kedua, wirama yaitu penilaian keserasian antara gerak dengan iringan lagu. Ketiga, harmoni yaitu keserasian antara tampilan rias dan busana.

“Dari 28 peserta yang mengikuti setiap peserta diwajibkan untuk menampilkan sebuah tarian tradisional yang berasal dari Indonesia atau seluruh Nusantara,” papar salah satu panitia pelaksana lomba.

Sementara itu, Aniek Yulianingsih, warga Lemahputro, Sidoarjo, salah satu penumpang yang akan bepergian ke Stasiun Gubeng Surabaya mengaku terhibur atas diselenggarakannya lomba penari cilik di dalam stasiun kereta api Sidaorjo kota ini.

“Ini hal positif. Bisa menunjang keberanian anak dengan diadakannya kreasi tarian tradisional semacam ini. Selain itu,  menanamkan anak-anak untuk belajar mandiri,” ucap wanita tiga puluh empat tahun yang mengaku baru pertama melihat pagelaran tari tradisional di dalam stasiun seperti ini.

Reporter : Yudhi Ardian

Editor : Vrian Triwidodo

Follow Untuk Berita Up to Date