Puluhan Pemandu Wisata Goa Ikuti Uji Kompetensi

Trenggalek, Koranmemo.com – Puluhan pemandu wisata goa di Kabupaten Trenggalek mengikuti sertifikasi profesi sebagai uji kompetensi kelaikan pemandu wisata goa. Uji kompetensi sektor pariwisata bidang kepemanduan wisata goa diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata bekerja sama dengan BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) dan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Trenggalek.

Sunyoto, pelaksana tugas (plt) Disparbud Kabupaten Trenggalek melalui Bambang Supriyadi Kepala Bidang Destinasi Wisata mengatakan, uji kompetensi yang berlangsung di Goa Lowo Kabupaten Trenggalek diikuti sebanyak 50 pemandu wisata goa dari Kabupaten Trenggalek dan Kabupaten Pacitan. “Sebanyak 40 peserta dari Trenggalek, sisanya Pacitan. Kegiatan diselenggarakan 15 April,” jelasnya, Senin (22/4).

Sertifikasi kepemanduan wisata goa penting untuk dilakukan. Mereka akan diuji secara langsung untuk mempraktikan di lapangan, mulai aspek-aspek pengetahuan wilayah hingga aspek penyelamatan jika terjadi bencana alam atau kejadian yang tidak diinginkan. “Ini untuk meningkatkan kualitas pelayanan karena butuh keahlian khusus. Baik ilmu tentang pergoaan, penyelamatan penanganan bencana di dalam gua, dan aspek lainnya,” kata dia.

Kemampuan khusus yang dimaksud adalah perbedaan bentuk fisik wisata goa dengan sejumlah wisata lainnya, seperti wisata pantai. Mengingat wisata goa menyajikan nuansa berbeda sehingga pemandu wisata harus memiliki bekal khusus. “Karena wisata goa di dalam bumi, di ruang tertutup. Jadi pemandunya harus benar-benar kompetensi. Endingnya untuk memberikan rasa aman dan nyaman para wisatawan,” jelasnya.

Dalam uji kompetensi kepemanduan wisata goa mereka benar-benar dituntut mampu mempraktikkan secara langsung. Nantinya jika para pemandu wisata goa tidak lolos sertifikasi, mereka akan mengulang hingga mengantongi sertifikasi dari BNSP. “Kalau tidak lolos akan ada pembinaan lagi, sampai mereka benar-benar mengantongi sertifikasi itu,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Kabupaten Trenggalek menyuguhkan segudang destinasi wisata unggulan. Selain menyuguhkan panorama alam yang indah dan hasil bumi yang melimpah juga menonjolkan sektor wisata goa. Setidaknya terdapat beberapa wisata goa andalan diantaranya adalah Goa Lowo, Goa Ngerit Senden Kampak, COC Danon dan Pringapus. (adv/Disparbud)

Reporter Angga Prasetya
Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date