Puluhan Pegawai BPS Dites Urine 

Tulungagung, koranmemo.com –Badan narkotika nasional kabupaten (BNNK) Tulungagung, Jumat (14/9) pagi melakukan pemeriksaan urine sejumlah pegawai Badan Pusat Statistik (BPS) setempat.

Berdasarkan pantauan koranmemo.com, tes urine dimulai pukul 09.00 WIB. Satu persatu pegawai mengisi daftar hadir serta mengambil wadah urine yang disediakan oleh petugas BNN. Terlihat satu persatu pegawai bergantian keluar masuk kamar mandi, sambil menunggu hasil pemeriksaan urine tersebut.

Kepala Seksi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat, Tri Arief Praharanto mengatakan tujuan dari pemeriksaan urine terhadap sejumlah pegawai di lingkup pemerintahan guna memperdayakan instansi pemerintah untuk melalukan kegiatan pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan, dan peredaran gelap narkoba (P4GN). “Menciptakan lingkungan kerja bersih dari penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba,” ungkapnya.

Tri sapaan Tri Arief Praharanto menuturkan, sedikitnya ada sekitar 23 pegawai yang diperiksa urinenya. Dari hasil pemeriksaan urien kurang lebih sekitar dua jam, tidak diketemukan adanya pegawai yang mengkonsumsi narkoba. “Hasilnya negatif, tidak ada pegawai yang terindikasi mengkonsumsi narkoba,” ujarnya.

Disinggung jika ditemukan adanya pegawai yang mengkonsumsi, tambah Tri, pihaknya akan melakukan assesment terlebih dahulu terhadap pegawai yang terindikasi positif mengkonsumsi narkoba.

“Kita assesment dahulu, biasanya ada pegawai yang sebelumnya mengkonsumsi obat yang kandungan obat juga sama dengan kandungan pada narkoba, dan assesment dilakukan dua kali untuk kepastiannya,” tambahnya.

Pemeriksaan urine ini akan berlanjut, yang mana nantinya dalam waktu dekat akan dilaksanakan di kalangan pendidikan.

Reporter : Deny Trisdianto

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date