Puluhan Napi Terima Remisi Hari Kemerdekaan RI 

Blitar, koranmemo.com  Sebanyak 13 orang narapidana di Lapas Kelas II B Blitar mendapatkan remisi bebas pada peringatan ulang tahun ke-72 Proklamasi Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2017.

“Dari total 158 napi yang mendapat remisi pada HUT RI tahun ini, 13 diantaranya setelah menerima remisi langsung bebas,” kata Kalapas II B Blitar, Rudi Sardjono, Rabu (16/08).

Diterangkan, dari 164 remisi yang diusulkan ke Kemenkumham, ada 7 napi untuk kasus pidana khusus yang belum turun. Namun dari ratusan napi tersebut, tak ada satupun yang terlibat kasus penyalahgunaan narkotika dan korupsi.

“Kita sudah ajukan remisi bagi 7 narapidana yang terkait dengan PP 99/2012 ke pusat, namun sampai sekarang belum turun,”  terangnya.

Rudi juga menyebut bahwa dari 158 napi yang mendapat remisi tahun ini, merupakan warga binaan dalam kasus pidana umum dengan masa hukuman dibawah 5 tahun penjara.

“Mereka yang mendapat remisi yaitu, semua yang menjalani tahanan di bawah 5 tahun penjara. Kalau yang di atas 5 tahun, saya upayakan dipindah ke lapas yang lebih besar supaya tidak over crowded,” jelasnya.

Kapasitas Lapas Kelas II B Blitar sendiri saat ini mengalami overload. Memiliki daya tampung 185 napi, Lapas Kelas II B Blitar saat ini dihuni 407 narapidana. Jumlah tersebut meliputi 184 tahanan dan 223 narapidana. Sedangkan untuk warga binaan wanita jumlahnya 19 orang, dengan status tahanan 14 orang dan narapidana sebanyak 5 orang.

“Seluruh narapidana bisa mendapatkan remisi dengan syarat menjalani tahanan minimal selama 6 bulan, berkelakukan baik dan tidak ada perkara lainnya,” pungkasnya.

Reporter: A. Prabowo

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.