Puluhan Bentor Dipotong

*Tidak Memenuhi Standar Keselamatan

Kediri, KoranMemo.com – Satlantas Polres Kediri Kota memotong 36 unit becak motor (bentor), Sabtu (13/4). Pemotongan ini merupakan tindak lanjut dari razia yang dilakukan petugas. Hal ini dilakukan untuk memberikan efek jera bagi para pemilik bentor agar mengembalikan bentor ke bentuk aslinya.

KBO Lantas Ipda Laksmono mengungkapkan, sebelumnya petugas telah melakukan sosialisasi terhadap larangan penggunaan bentor di jalan raya dengan alasan tidak terpenuhinya standar keselamatan. Petugas juga telah member tindakan tegas berupa surat tilang, dan meminta pemilik bentor untuk mengembalikan pada bentuk semula.

“Kita sudah sering melakukan sosialisasi kepada pemilik bentor mengenai bahaya dan larangan pengoperasian bentor,” ungkap Ipda Laksmono.

Meski demikian, petugas masih menemukan banyak pemilik bentor yang masih beroperasi mengangkut pemumpang. Petugas akhirnya melakukan tindakan tegas kepada pemilik bentor. Selama satu bulan, petugas telah mengamankan sekitar 36 unit bentor. Selain melakukan penilangan, petugas melakukan tindakan pemotongan badan bentor.

Ipda Laksmono menambahkan diharapkan tindakan ini menjadi peringatan bagi pemilik bentor lainnya. Pemilik bentor diminta mengembalikan badan motor dan becak tersebut ke bentuk aslinya. “Diharapkan masyarakat mengembalikan motor tersebut ke standartnya bentuk aslinya yang memiliki uji laik jalan dan uji keselamatan,” tegasnya. (ram)

Follow Untuk Berita Up to Date