Pulau Yesterday dan Tomorrow, Apa Itu?

Koranmemo.com – Bumi ini memiliki banyak hal-hal unik.  Salah satunya adalah dua pulau yang terletak di Selat Bering, perbatasan antara daratan Alaska yang menjadi bagian Amerika Serikat dan Siberia yang menjadi bagian Rusia ini.  Kedua pulau yang berada di Kepulauan Diomede ini dikenal pula dengan nama Yesterday and Tomorrow.

Kepulauan ini sebenarnya hanya terdiri dari 2 buah pulau yaitu Pulau Diomede Besar dan Pulau Diomede Kecil. Pulau Diomede Besar menjadi bagian dari Rusia. Sedangkan Pulau Diomede Kecil menjadi bagian dari Amerika Serikat.

Pulau-pulau kecil ini awalnya dihuni oleh orang Eskimo sejak 3000 tahun yang lalu.  Sementara orang Eropa pertama kali mencapai pulau ini pada tahun 1648.

Pulau Diomede Kecil menjadi bagian dari area yang dibeli oleh Amerika Serikat pada tahun 1867 bersama dengan daratan Alaska. Pulau Diomede Kecil dihuni oleh beberapa orang yang hidup sebagai nelayan. Sementara Pulau Diomede Besar tidak memiliki penghuni tetap.  Di pulau ini ada stasiun pemantau cuaca dan pos perbatasan milik Rusia.

Kedua pulau ini dipisahkan oleh selat kecil yang lebarnya sekitar 3 kilometer.  Saat musim dingin dan air di selat kecil itu membeku, kedua pulau ini terlihat seperti menyatu.  Walaupun bersebelahan dan jaraknya dekat, tanda waktu yang digunakan di kedua pulau ini berbeda. Di tengah-tengah kedua pulau ini terletak garis tanggal internasional.

Itu membuat waktu di Pulau Diomede besar lebih maju 23 jam dibandingkan dengan pulau tetangganya.  Makanya, kedua pulau ini juga dikenal dengan nama Yesterday dan Tomorrow.

Editor:  Della Cahaya

Follow Untuk Berita Up to Date