Prediksi Leg Semifinal ke dua Piala Dunia 2018, Inggris Versus Kroasia

Rusia, koranmemo.com – The Three Lions terakhir kali mencapai semifinal Piala Dunia, Kroasia ternyata belum merdeka. Setahun Inggris menembus babak empat besar, pada tahun 1991 Kroasia baru memisahkan diri dari Yugoslavia. Keduanya kini memperebutkan satu tempat pada laga puncak Piala Dunia 2018 di Luzhniki Stadium, Kamis (12/7/2018) dini hari WIB.

Berbagai pengamat sudah mencoba meramu prediksi mereka untuk menilai siapa sosok timnas mana yang bakal  bertemu Perancis di Final nanti. Besutan Gareth Southgate  ini hampir pemainnya tidak banyak dihuni pemain kelas dunia. Praktis hanya memiliki Harry Kane sebagai striker elite Eropa. Sisanya, hanya ada Dele Alli yang sempat diminati klub-klub Eropa. Keduanya adalah andalan Tottenham Hotspur, tetapi  klub Liga Primer ini gagal bersaing di kompetisi lokal.

Sementara Kroasia punya sederet pemain top dunia. Luka Modric di Real Madrid, Ivan Rakitic bermain di Barcelona, sementra Mario Mandzukic dan Ivan Perisic masing-masing andalan di Juventus dan Inter Milan.

Kroasia yang akan menghadapi Inggris, walau dalam hal tradisi dan sejarah di Piala Dunia masih kalah, justru Kroasia kali ini yang lebih pantas diunggulkan dibandingkan Inggris. Kroasia punya sederet pemain top dunia. Luka Modric di Real Madrid, Ivan Rakitic bermain di Barcelona, sementra Mario Mandzukic dan Ivan Perisic masing-masing andalan di Juventus dan Inter Milan.

Meski demikian, Inggris telah membuktikan sebagai tim solid. The Three Lions memilih untuk bermain kolektif dan tak lagi mendewakan filosofi kick and rush. Sementara Kroasia kali ini mengandalkan kecepatan dan kualitas individu.

Para pengamat menilai timnas Inggris harus bisa mematikan peran dua gelandang tengah Kroasia untuk menguasai memenangi pertandingan ini. Kedua pemain tersebut merupakan separuh nyawa Vatreni di Piala Dunia 2018 ini. Dari Modric dan Rakitic juga keseimbangan dalam menyerang dan bertahan serta irama permainan Kroasia terbentuk. Karena itu untuk mengalahkan Kroasia, Inggris perlu lebih dahulu membatasi ruang gerak kedua gelandang kreatif tersebut.

Dalam duel bertensi tinggi nanti, Inggris sedikit diuntungkan karena memiliki skuat yang lebih bugar. Beda halnya dengan Kroasia yang beberapa pemainnya sempat cedera di perempat final. Meski Ivan Rakitic dan Luka Modric tidak dalam kondisi bugar, Kroasia masih memiliki Marcelo Brozovic yang bisa kembali ke lini tengah setelah sempat dicadangkan melawan Rusia.

Menghadapi tiga gelandang terbaik Kroasia, Southgate bisa memerintahkan Jordan Henderson dan Dele Alli guna mematikan pergerakan Modric serta Rakitic. Hal lain yang patut diantisipasi Southgate adalah variasi dalam bola-bola mati mereka. Sementara keuntungan Kroasia jika Gareth Southgate kembali menurunkan formasi 3-5-2, sehingga Ivan Perisic dan Ante Rebic lebih leluasa bergerak.

Perkiraan Pemain

Kroasia (4-2-3-1): Danijel Subasic; Sime Vrsaljko, Dejan Lovren, Domagoj Vida, Ivan Strinic; Ivan Rakitic, Marcelo Brozovic; Ante Rebic, Luka Modric, Ivan Perisic; Mario Mandzukic

Inggris (3-5-2): Jordan Pickford; Kyle Walker, John Stones, Harry Maguire; Kieran Trippier, Dele, Jordan Henderson, Jesse Lingard, Ashley Young; Raheem Sterling, Harry Kane.

Pertemuan Sebelumnya

24-04-1996 : Persahabatan – Inggris vs Kroasia : 0-0

20-08-2003 :Persahabatan/Inggris vs Kroasia : 3-1

21-06-2004 : Piala Eropa/Kroasia vs Inggris : 2-4

11-11-2006 : Kualifikasi Piala Eropa/Kroasiavs Inggris : 2-0

21-11-2007 : Kualifikasi Piala Eropa/Inggris vs Kroasia : 2-3

10-09-2008 : Kualifikasi Piala Dunia/Kroasia vs Inggris : 1-4

09-09-2009 : /Kualifikasi Piala Dunia/Inggris vs Kroasia : 5-1

Dari berbagai sumber

Editor Bambang Iswahyoedhi

Follow Untuk Berita Up to Date