PPDB SD: Siswa Inklusi Wajib Ikuti Assessment Psikologi

Kediri, koranmemo.com – Dinas Pendidikan Kota Kediri akan menyediakan assessment psikologi bagi siswa inklusi yang akan mendaftar pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang Sekolah Dasar Negeri (SDN). Jika lulus, siswa bisa mendapatkan fasilitas pendidikan yang sama dengan siswa normal lainnya di 15 sekolah yang telah ditunjuk.

Kasi Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kota Kediri, Chevy Ning Suyudi mengatakan, PPDB SD reguler akan dibuka pada 2 Juli sampai 5 Juli mendatang. Siswa bisa mendaftar melalui online dari website yang sudah disediakan oleh disdik.

“Pendaftarannya online, untuk pemberkasan bisa diserahkan ke sekolah yang paling dekat dengan rumah,” ujarnya, Kamis (21/6).

Seperti tahun sebelumnya, Disdik Kota Kediri juga memberikan kesempatan kepada siswa berkebutuhan khusus untuk mendapatkan pendidikan yang sama dengan siswa lainnya. Syaratnya calon siswa harus mengikuti assessment psikologi demi mengetahui kondisi fisik dan psikisnya. Pada assessmen itu, Disdik akan mengetahui calon siswa memiliki ketunaan ringan atau berat. Jika ketunaan berat akan direkomendasikan masuk ke sekolah luar biasa (SLB).

“Kita menyediakan assessment yang akan dilakukan pada 25 Juni sampai 28 Juni di laboratorium Psikologi IAIN Kediri. Hasilnya akan menjadi syarat untuk siswa bisa mendaftar di sekolah negeri,” ujarnya.

Chevy menambahkan, Disdik Kota Kediri telah menentukan 15 sekolah sebagai pelaksana pendidikan inklusi. Siswa yang telah lulus assessment tersebut nantinya akan direkomendasikan ke sekolah – sekolah tersebut.

“Kita telah mewujudkan pendidikan inklusif di Kota Kediri sejak tahun lalu. Intinya adalah, siswa berkebutuhan khusus berhak mendapatkan pendidikan yang layak,” tandasnya.

Reporter : Zayyin Multazam

Editor : Della Cahaya

Follow Untuk Berita Up to Date