PPDB Online SMP Kuota Luar Kota Hanya 20 Persen

Kediri, koranmemo.com – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) akan dimulai setelah libur lebaran nanti. Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Kediri hanya membuat zonasi luar kota dan dalam kota, untuk luar kota hanya diberi jatah maksimal 20 persen dari total pagu.

Kabid Pendidikan Dasar Disdik Kota Kediri, Chevy Ning Suyudi mengatakan, seperti tahun sebelumnya penerimaan siswa baru akan dilakukan secara online dan mandiri. Terkait PPDB Mandiri sudah dilakukan sejak bulan lalu dengan sekolah mendapatkan alokasi 20 persen dari total pagu sekolah.

“Pendaftarannya tidak berbeda dengan tahun lalu, sama ada PPDB mandiri dan PPDB online. Untuk PPDB online kita buka setelah libur lebaran nanti di semua sekolah dengan website yang sudah kami sediakan,” ujarnya, Senin (7/4).

Ditambahkan, PPDB tahun ini tetap memberlakukan sistem zonasi, yaitu zona luar kota dan dalam kota. Untuk warga Kabupaten Kediri maupun luar Kota Kediri bisa mendaftarkan di SMP Negeri di Kota Kediri namun hanya mendapatkan kuota 20 persen dari total pagu.

“Kita prioritaskan warga Kota Kediri agar mendapatkan pendidikan yang bermutu dan berkualitas. Maka kuota untuk luar kota hanya kita beri 20 persen saja, tetap yang mendapatkan prioritas adalah siswa dari Kota Kediri dahulu,” katanya.

Reporter: Zayyin Multazam

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date